nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menderita Insomnia Kronis Berisiko Tinggi Asma

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 03 Februari 2017 20:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 03 481 1608856 menderita-insomnia-kronis-berisiko-tinggi-asma-q0IAIBg8Yy.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

KUALITAS tidur malam yang buruk, termasuk insomnia membawa banyak dampak bagi kesehatan. Peneliti mengklaim jika masalah tersebut memicu asma.

Asma memengaruhi sekira 300 juta orang di seluruh dunia. Umumnya faktor risiko utamanya yaitu merokok, obesitas, dan polusi udara.

"Studi ini menemukan bahwa orang-orang dengan insomnia kronis memiliki lebih dari tiga kali risiko terkena asma. Karena insomnia dapat mengakibatkan efek bahaya terhadap pernapasan," kata Pemimpin Peneliti Ben Brumpton dari Universitas Norwegia Sains dan Teknologi (NTNU) di Norwegia.

Tidak cuma itu, baru-baru ini gejala depresi dan kecemasan juga telah dikaitkan dengan risiko mengembangkan asma. Untuk studi yang dipublikasikan dalam European Respiratory Journal, tim menggunakan analisis statistik yang menilai 17.927 peserta berusia antara 20 dan 65 tahun di Norwegia.

Hasil penelitian menunjukkan, para peserta melaporkan sering sulit tidur, atau hampir setiap malam selama satu bulan, 65-108 persen meningkatkan risiko asma pada 11 tahun berikutnya.

Demikian pula, peserta yang melaporkan bangun tengah malam, 92 persen dan 36 persen peningkatan risiko asma. Bagi orang-orang yang melaporkan kualitas tidur yang buruk lebih dari sekali seminggu, risiko mengembangkan asma sekira 94 persen. Demikian dikutip Timesofindia, Jumat (3/2/3017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini