Empat Dampak Buruk PCOS bagi Wanita Usia Subur

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Minggu 05 Februari 2017 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 04 481 1609458 empat-dampak-buruk-pcos-bagi-wanita-usia-subur-OEtg5zssic.jpg Ilustrasi (Foto: Guardian)

SALAH satu gangguan sistem endoktrin yang jarang disadari oleh wanita adalah polikistisk ovarium sindrom (PCOS). Sayangnya, dampak dari PCOS sangat merugikan bagi wanita usia subur.

Wanita usia subur perlu mengetahui dampak dari PCOS, sehingga lebih aware dan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Karena, salah satu penyebab utama seorang wanita usia subur terkena PCOS adalah gaya hidup yang tidak sehat.

Berikut dampak PCOS terhadap wanita usia subur yang dilansir Zeenews:

Siklus menstruasi

Wanita yang memiliki PCOS juga dapat mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Namun, wanita pada usia senja dengan PCOS akan memiliki siklus menstruasi lebih teratur.

Kista

Salah satu hal tanda yang paling dianggap jelas oleh wanita adalah munculnya kista di ovarium. Namun, tidak semua wanita yang menderita PCOS benar-benar memiliki kista pada indung telur mereka.

Kehamilan

Banyak wanita dengan PCOS berpikir bahwa kehamilan hampir tidak mungkin, tetapi itu hanya mitos. Ada obat-obatan dan terapi hormon yang dapat membantu seorang wanita dengan PCOS hamil.

Kegelisahan

Wanita dengan PCOS dikatakan memiliki tingkat kegelisahan yang lebih tinggi dibanding wanita lainnnya. Karena itu, wanita dengan PCOS rentan mengalami depresi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini