Bersihkan Wajan Besi Enggak Perlu Ribet, Simak Tipsnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 07 Februari 2017 10:07 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 06 298 1611157 bersihkan-wajan-besi-enggak-perlu-ribet-simak-tipsnya-t9jEKVw6wF.jpg Wajan besi dan caramembersihkannya (Foto:Food)

MEMBERSIHKAN peralatan dapur bisa menjadi hal yang merepotkan, terlebih jika Anda tidak mengetahui cara yang tepat untuk melakukannya. Wajan berbahan besi misalnya.

Alat dapur ini seringkali meninggalkan sisa kotoran apabila tidak langsung dibersihkan. Tidak perlu khawatir! Okezone berhasil merangkum tips praktis membersihkan sisa kotoran yang menempel pada wajan berbahan besi, seperti dilansir dari Food.com, Selasa (7/2/2017),

 

Taburkan garam

 

Sebelum meggosok wajan yang kotor, taburkanlah garam secukupnya tergantung ukuran wajan Anda. Jika ukuran cukup besar, Anda bisa menggunakan 1 1/2 sendok makan garam di atas permukaan wajan yang kering.

 

Tambahkan air

 

Tahap selanjutnya adalah menambahkan air dingin. Fungsi air di sini untuk melarutkan garam agar efektif mengangkat sisa kotoran.

 

Gosok dengan sikat

 

Setelah garam dan air berhasil larut dengan sempurna, Anda dapat mulai menggosok permukaan wajan yang kotor. Gunakanlah sikat berbahan plastik agar permukaan wajan tidak rusak. Sikat ini juga lebih ampuh untuk mencongkel sisa kotoran yang membandel.

Keringkan dan tuangkan minyak

Jika kotoran sudah terangkat semua, keringkan permukaan wajan dengan menggunakan tisu atau kain lap, sembari menuangkan minyak sayur. Minyak berfungsi untuk mencegah korosi dan karat pada wajan.

Panggang

 

Tahap terakhir yang harus Anda lakukan adalah memanggang wajan pada suhu 165 derajat Celcius. Pangganglah wajan di dalam oven selama kurang lebih satu jam. Hal ini dimaksudkan untuk mematikan kuman-kuman yang masih menempel pada wajan Anda.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini