nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Bokong Tepos, Duduk Terlalu Lama Bikin Perut Buncit

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 06 Februari 2017 15:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 06 481 1610656 selain-bokong-tepos-duduk-terlalu-lama-bikin-perut-buncit-uraWvej3kS.jpg Ilustrasi (Foto: Telegraph)

PUNYA perut buncit jangan tenang-tenang saja. Hindari faktor pemicunya, karenanya lebih cepat mengancam nyawa. Salah satunya yakni bahaya duduk terlalu lama.

James A. Levine, MD PhD mengatakan, seseorang yang hobi.duduk untuk jangka waktu yang lama akan mengalami beberapa masalah kesehatan. Termasuk halnya obesitas atau perut buncig, gangguan sindrom metabolik, tekanan darah tinggi, kelebihan lemak tubuh di sekitar pinggang dan kadar kolesterol normal.

"Terlalu banyak duduk juga tampaknya meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung dan kanker," kata Levine, dikutip Mayoclinic, Senin (6/2/2017).

Satu studi melibatkan orang dewasa yang terlalu lama duduk sambil menonton TV, dibandingkan orang dewasa yang lebih memilih aktivitas dengan banyak bergerak.

Hampir 50 persen terjadi peningkatan risiko kematian dari setiap orang yang terlalu lama duduk. Bahkan, kalau mereka pada dasarnya sudaha ada riwayat penyakit kardiovaskular, seperti nyeri dada atau serangan jantung

Tapi duduk di depan TV bukan satu-satunya perhatian. Apa saja kegiatan Anda yang membuat Anda harus duduk lama seperti khusus pekerja kantoran juga mengalami dampaknya. Begitu juga dengan sopir yang mengemudi mobilnya saat terjebak macet.

Untuk mengatasinya, Anda harus rutin melakukan stretching. Lakukan setiap dua jam sekali agar tubuh tetapi rileks dan bebas stres sepanjang hari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini