Hiii...Ternyata Ini Penyebab Urin Bau Sangat Menyengat

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 07 Februari 2017 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 06 481 1611143 hiii-ternyata-ini-penyebab-urin-bau-sangat-menyengat-eS4yoPeJf1.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

JIKA mencium bau urin Anda sangat menyengat atau aneh akhir-akhir ini, maka jangan diabaikan begitu saja. Karena, ada beberapa komplikasi kesehatan berbahaya yang dapat menyebabkan urin menjadi bau menyengat.

Jadi, Anda harus waspada ketika urin mengeluarkan bau yang menyengat. Berikut penyebab urin bau sangat menyengat seperti yang dilansir dari laman Boldsky:

Diabetes

Jika urin memiliki bau yang menyengat ''manis'', namun tajam, Anda harus melakukan uji diabetes. Kelebihan gula darah dalam urin Anda dapat membuatnya bau menyengat.

Kelebihan multivitamin

Jika urin Anda seperti bau obat, bisa jadi karena terlalu banyak mengonsumsi multivitamin. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menurunkan dosis.

Dehidrasi

Bau urin juga dapat disebabkan oleh tubuh sangat dehidrasi. Dehidrasi dapat membuat urin sangat pekat. Jadi, minum cukup air setiap hari agar tidak mengalami dehidrasi.

Infeksi mikroba

Jika Anda terinfeksi oleh infeksi bakteri atau jamur, maka agen penyebab infeksi dapat masuk ke aliran urin, sehingga bau sangat menyengat. Jika itu terjadi, sebaiknya Anda langsung memeriksa ke dokter.

ISK

Jika Anda menderita infeksi saluran kemih, maka bakteri penyebab infeksi dapat memengaruhi alat kelamin. Bakteri bisa masuk ke urin, sehingga menyebabkan bau menyengat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini