Jangan Terkecoh! Simak Perbedaan Serum, Moisturizer dan Face Oil

Afiza Nurmuseriah, Jurnalis · Selasa 07 Februari 2017 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 07 194 1611675 jangan-terkecoh-simak-perbedaan-serum-moisturizer-dan-face-oil-RXhjjM5JL7.jpg Serum wajah (Foto: Huffingtonpost)

KULIT merupakan indera manusia yang sangat mempengaruhi penampilan. Bayangkan jika kulit kusam, kering atau mungkin bahkan mengalami penuaan dini? Tentu akan mengganggu penampilan Anda.

Karenanya, perawatan kulit yang tepat diperlukan agar kulit lebih bersih dan sedap dipandang mata. Mungkin yang lazimnya digunakan oleh setiap orang untuk menjaga kesehatan kulit dari luar adalah dengan memakai lotion.

Namun tahukah Anda, bahwa kini tak hanya ada lotion yang bisa merawat kulit, khususnya pada bagian wajah, serum kini telah hadir untuk membuat kulit Anda selalu sehat. Dan ternyata tak hanya serum, ada pula moisturizer dan face oil. Banyak orang yang beranggapan ketiga beauty item ini sama fungsi dan manfaatnya. Tapi, apakah benar?

Sebagaimana dilansir IntotheGloss, Selasa (7/2/2017), serum adalah produk perawatan kulit yang dipakai setelah kulit wajah bersih. Kandungan vitamin dan mineral pada serum juga lebih kuat. Hal ini dikarenakan serum memiliki molekul yang lebih kecil sehingga bisa menyerap lebih cepat ke dalam lapisan kulit. Tak heran, serum dikatakan lebih ampuh mengatasi tanda-tanda penuaan.

Lantas, bagaimana dengan pelembab? Apakah bisa dikatakan sebagai serum? Jawabannya antara iya dan tidak. Bahan-bahan yang terdapat pada serum juga lumrah dimasukkan ke dalam moisturizer, seperti hyaluronic acid dan ceramides yang berguna untuk melembabkan. Namun, molekul dalam pelembab atau pun lotion tak seperti serum, sehingga manfaatnya tak bisa langsung dirasakan.

Kemudian, apakah face oil yang teksurnya sama dengan serum berarti sama dengan serum? Serum sesungguhnya berbahan dasar air, dari sini sudah jelas apa perbedaannya. Sedangkan face oil adalah minyak yang sama saja dengan pelembab berbentuk krim, di mana molekulnya lebih besar dan lebih lama menyerap ke dalam lapisan kulit.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini