nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Trik Menyeruput Kenikmatan Secangkir Teh Seperti Penduduk Asli Inggris

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 07 Februari 2017 13:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 07 298 1611509 trik-menyeruput-kenikmatan-secangkir-teh-seperti-penduduk-asli-inggris-bdNRPV3rBi.jpg Menikmati teh ala penduduk Inggris (Foto:Shutterstock)

MENYERUPUT teh di sore hari atau dikenal dengan sebutan Afternoon Tea, merupakan sebuah tradisi yang sudah melekat dalam kebudayaan Inggris. Menurut sejarah, tradisi ini mulai gencar dilakukan masyarakat Inggris pada awal abad kesembilan belas.

Kala itu, Putri ke-7 dari Bedford bernama Anna, mengeluh memiliki perasaan 'tidak enak' saat menjelang sore hari. Setelah dilakukan berbagai percobaan, sebuah solusi pun berhasil ditemukan yakni, menyajikan satu pot teh bersama beberapa jenis makanan ringan.

Pasca kejadian tersebut, tradisi menyeruput teh pada sore hari pun mulai dikenal seantero Inggris, bahkan di seluruh dunia. Berbicara soal Afternoon Tea, tahukah Anda bahwa masyarakat Inggris memiliki cara yang unik dalam menyajikan minuman khas tersebut?

Dilansir dari The Daily Meal, Selasa (7/2/2017), tahap pertama yang harus dilakukan adalah merebus air. Kemudian tambahkan satu kantung teh dalam teko kosong untuk setiap 3 ½ ons air. Jika Anda menggunakan teko berukuran tujuh ons, Anda harus menggunakan dua kantung teh sekaligus.

Ketika air rebusan sudah mencapai suhu antara 140 – 185 derajat Celcius, tuangkanlah air ke dalam teko teh, lalu diamkan selama enam menit. Kemudian angkat kantung teh dari dalam teko sebelum Anda menuangkan air teh ke dalam cangkir.

Nah, jika ingin menambahkan susu, waktu yang tepat adalah sesaat setelah air teh dituangkan ke dalam cangkir. Yang perlu Anda ketahui adalah, sebagian besar masyarakat Inggris menyukai teh dengan cita rasa original, tanpa tambahan gula sama sekali. Seperti yang disampaikan oleh novelis legendaris bernama George Orwell.

“Bagaimana bisa Anda menyebut diri Anda pencinta teh, jika Anda menghancurkan rasa asli teh dengan mencampurkan gula di dalamnya? Lebih baik Anda tambahkan lada atau garam, karena sudah seharusnya teh memiliki rasa pahit seperti bir,” tuturnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini