nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WADUH!! Madu Manuka di Pasaran Ternyata Banyak yang Palsu

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 07 Februari 2017 18:33 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 07 298 1611975 waduh-madu-manuka-di-pasaran-ternyata-banyak-yang-palsu-jj2OmxN8F1.jpg Madu manuka di pasaran banyak yang palsu (Foto:iStock)

MADU manuka termasuk satu bahan makanan yang bisa dikategorikan sebagai makanan mewah pasalnya banderol harga madu ini cukup tinggi. Banyak orang percaya madu manuka punya segudang manfaat.

Dilansir dari FoxNews, Selasa (7/2/2017) ternyata harga madu manuka yang tinggi membuat sebagian oknum tega membuat madu tiruan berlabel manuka alias madu manuka palsu. Jenis madu yang dihasilkan lebah liar asal Selandia Baru ini memang memiliki harga tinggi dan banyak diburu orang namun ketersediaannya sangat terbatas.

Madu manuka banyak diburu karena memiliki manfaat yang sangat banyak terutama untuk kesehatan dan kecantikan. Hal ini bahkan sudah diakui oleh banyak kalangan misalnya Scarlett Johansson, Kourney Kardashian, Gwyneth Paltrow dan ratusan kalangan masyarakat.

Terkait banyaknya pemburu madu manuka, banyak juga orang yang berbuat jahat dengan memalsukan madu ini. Sebuah penelitian yang dilakukan Sunday Times of London membuktikan jika sebagian besar madu yang dijual di rak toko di seluruh dunia adalah madu manuka palsu.

Penelitian melibatkan beberapa sampel yakni madu manuka asli asal Selandia Baru, madu manuka di toko-toko di Inggris dan madu manuka yang dijual secara online. Para peneliti mengatakan madu manuka yang asli memiliki empat senyawa khas yang tidak dimiliki madu jenis lain. Senyawa ini bisa dideteksi dengan menggunakan kertas tes khusus. Dua toko yang kedapatan menjual madu manuka palsu akhirnya harus rela mengosongkan rak dagangnya karena madu palsu ini disita petugas.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini