Selepas Lelah Bekerja, Lakukan Ini agar Otak Tetap Rileks

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 07 Februari 2017 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 07 481 1611439 selepas-lelah-bekerja-lakukan-ini-agar-otak-tetap-rileks-kg135Ege9c.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

KETIKA selepas bekerja, otak terasa penat apalagi jika tugas menumpuk. Tentu Anda harus segera merelaksasi otak untuk menghindari stres.

Belum lama, sebuah studi baru menegaskan karyawan yang bekerja lebih dari 39 jam per minggu, kesehatannya lebih cepat terganggu. Dirinya pun gampang stres karena berbagai faktor.

"Jam kerja panjang mengikis kesehatan mental dan fisik seseorang. Karena dia meninggalkan momen penting untuk makan, istirahat, hingga menggerakkan, tubuhnya agar tidak kaku," kata Penulis studi Dr Dinh dari Australian National University.

Selepas pulang bekerja, Anda wajib merelaksasi otak. Caranya dengan tiga kegiatan berikut yang diulas dari Medicaldaily, Selasa (7/2/2017).

Menonton TV

Tak ada salahnya saat tiba di rumah dari pulang bekerja Anda dapat menyalakan TV. Cari program favorit yang sekiranya dapat membuat pikiran tenang, hati bahagia dan lupa dengan tumpukan tugas di kantor pagi tadi.

Tidur

Jika sudah sangat lelah, cepat berbaringlah. Cara ini juga membuat Anda lebih cepat tidur, sekaligus menenangkan pikiran. Bahkan, bila tubuh sudah sangat lelah, dijamin tidurnya nyenya sampai pagi. Tapi setiba di rumah, jangan membawa pekerjaan Anda yang tadinya belum selesai ya. Lupakan saja!

Stretching

Di sela-sela bekerja, Anda dapat menyempatkan stretching. Pilih gerakan sederhana, tapi jelas harus dapat menguatkan otot lengan, otot kaki dan tangan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini