nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini yang Terjadi Pada Kulit Wanita saat Menstruasi

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Rabu 08 Februari 2017 16:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 08 194 1612775 ini-yang-terjadi-pada-kulit-wanita-saat-menstruasi-Jrw4oeJw2K.jpg Menstruasi (Foto: Porifia)

SAAT menstruasi, lazimnya para wanita akan mengalami perubahan hormon sehingga memengaruhi kondisi tubuh serta emosionalnya. Wajah berjerawat menjadi salah satu masalah yang sering dikeluhkan para wanita.

Namun, tak hanya permasalahan kulit dan emosional yang terjadi kala PMS. Mengutip Allure, Rabu (8/2/2017), permasalahan juga terjadi pada rambut. Nah, berikut penjelasan serta trik mengatasinya.

Kulit menjadi lebih berminyak

Hormon androgen, progesteron, dan estrogen akan naik turun selama satu bulan. Ketika salah satu hormon melonjak satu hingga dua pekan sebelum menstruasi, kelenjar minyak bisa meningkat hingga tak terkontrol. Inilah yang menyebabkan kulit wajah tampak lebih berminyak dari biasanya.

Mudah mengalami jerawat

Ketika kelenjar minyak meningkat, maka kulit wajah akan lebih mudah mengalami komedo hingga jerawat. Itulah yang menyebabkan jerawat lebih sering muncul ketika tengah menstruasi.

“Gunakan produk pembersih yang mengandung asam salisilat, terutama satu pekan jelang menstruasi,” ujar dermatologis Joshua Zeichner.

Rambut menjadi lebih berminyak

Peningkatan hormon testosteron ketika menstruasi tak hanya berdampak pada kulit. Menurut dermatologis Melissa Piliang, folikel rambut menjadi sensitif terhadap perubahan hormon. Inilah yang membuat rambut menjadi berminyak, berketombe, bahkan kulit kepala menjadi gatal.

Kulit menjadi sangat sensitif

Jerawat dan komedo bukan menjadi satu-satunya masalah yang timbul saat menstruasi. Perubahan hormon juga membuat kulit wajah menjadi sangat sensitif dan mudah mengalami iritasi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini