Share

Baru 3 Hari Bumbu Dapur Sudah Busuk? Cek Lagi Cara Anda Menyimpannya

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Kamis 09 Februari 2017 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 08 298 1613222 baru-3-hari-bumbu-dapur-sudah-busuk-cek-lagi-cara-anda-menyimpannya-tQtdvUwET9.jpg Bumbu dapur dan cara menyimpannya (Foto: LMJ)

BUMBU dapur merupakan salah satu elemen terpenting yang dapat membuat suatu masakan terasa lebih lezat dan menggoda. Oleh karena itu, dibutuhkan teknik khusus dalam memilih dan menyimpannya.

Dikutip dari buku 124 Tips Membuat Urusan Rumah Tangga Jadi Gampang dan Irit, karya Windya Novita, berikut tips memilih dan menyimpan bumbu dapur agar bertahan lebih lama.

1. Jika membeli bumbu segar, misalnya jahe, kunyit, bawang, kencur, atau serai, pilih yang masih bertekstur utuh dan tidak bebercak putih. Bercak putih menandakan bumbu masak sudah tidak segar dan berjamur. Jika tetap digunakan, bumbu dapur itu akan membuat masakan berbau apek dan gampang membusuk.

2. Jauhkan bumbu dapur dari tempat yang panas, lembab, atau terkena sinar matahari langsung. Hal tersebut juga berlaku pada bumbu yang sering Anda gunakan setiap hari seperti, bawang, jahe, dan kunyit.

3. Cuci bersih bumbu basah, kemudian kemas dalam plastik atau wadah kedap udara. Setelah itu simpan dalam freezer. Dengan cara ini, bumbu basah dapat bertahan 1-2 bulan.

4. Belilah bumbu kering seperlunya. Lalu simpan dalam wadah yang tertutup rapat dan kedap udara. Jika disimpan terlalu lama, bumbu kering akan kehilangan aromanya.

5. Untuk bumbu kering berbentuk bubuk, belilah kemasan terkecil agar bumbu tidak cepat rusak. Apalagi jika bumbu tersebut tidak Anda gunakan setiap hari.

6. Biasakan menutup rapat kembali kemasan bumbu setelah menggunakannya. Kontaminasi mikroba sangat mungkin terjadi pada bumbu instan, terutama bumbu dengan kandungan air tinggi, seperti saus, tauco, atau kecap

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini