Manfaat Antioksidan pada Teh dan Kopi yang Tak pernah Disangka

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Rabu 08 Februari 2017 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 08 481 1612543 manfaat-antioksidan-pada-teh-dan-kopi-yang-tak-pernah-disangka-jfRIcD7c3W.jpg Antioksidan pada kopi dan teh cegah kanker hati (Foto: Shutterstock)

BAGI pecinta kopi dan teh. pasti Anda tidak bisa melewati hari tanpa asupan kafein di pagi hari. Tak hanya mengandung kafein, teh dan kopi juga memiliki sifat antioksidan. Kandungan inilah yang mampu melawan perkembangan sel kanker.

Tentunya, mengonsumsi kopi atau teh setiap hari dalam jumlah moderasi, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa dirasakan. Melansir laman Chopra, Rabu (8/2/2017), simak manfaat konsumsi rutin teh dan kopi.

Perlindungan terhadap penyakit hati dan kanker

Kopi dan teh mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga dapat menangkal radikal bebas. Kandungan ini mampu melawan degradasi sel dan perkembangan beberapa jenis kanker. Antioksida bermanfaat untuk mengobati penyakit perlemakan hati, mengurangi risiko kanker hati, dan kematian kronis akibat penyakit hati. Menurut National Cancer Institute, antioksidan dalam teh hijau juga mampu mengurangi pertumbuhan tumor.

Penurunan risiko demensia

Kafein dalam kopi dan teh mampu merangsang aktivitas otak. Dalam penelitian baru, kafein mampu melindungi seseorang terhadap demensia dan penyakit alzheimer. Beberapa studi menghubungkan konsumsi kopi dan penurunan risiko penyakit parkinson.

Menurunkan risiko diabetes tipe 2

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard University School of Public Health menunjukkan bahwa polifenol dari kopi atau teh dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Polifenol juga membantu meningkatkan sekresi dan sensitivitas insulin.

Perlindungan kardiovaskular

Konsumsi kopi dan teh hijau mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Para peneliti menemukan, antioksidan dalam kopi menawarkan efek perlindungan pada sistem vaskular.

Meningkatkan sistem imun

Kopi, teh putih, dan teh hijau mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi rutin minuman ini mampu membantu tubuh melawan kemungkinan penyakit yang menyerang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini