nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sendawakan Bayi Usai Makan Cegah Kolik dan Gangguan Pencernaan Lainnya

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 09 Februari 2017 05:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 08 481 1612801 sendawakan-bayi-usai-makan-cegah-kolik-dan-gangguan-pencernaan-lainnya-lL6CxG41N7.jpg Ilustrasi (Foto: Thehealthsite)

ORANGTUA Anda selalu mengingatkan apabila bayi setelah makan harus disendawakan. Cara ini mencegah bayi mengalami perut kembung yang sangat mengganggu waktu bermainnya.

Bunda harus tahu, ketika bayi makan dia cenderung menelan udara bersama dengan makanan yang masuk lewat mulutnya. Ini berlaku saat bayi minum ASI langsung atau dengan menggunakan botol.

Dalam beberapa kasus, sendok makan juga dapat menyebabkan bayi menelan udara. Akibatnya, perut si kecil tidak nyaman dan memicu kolik.

Kolik cenderung terjadi karena tekanan udara yang terjebak di perut bayi. Rasa sakitnya membuat si kecil tidak nyaman.

Kolik sering terjadi di malam hari, dengan tanda-tanda bayi tidak berhenti menangis selama berjam-jam. Sebagai orangtua, tentunya akan bingung menghadapi hal ini.

Salah satu cara untuk melawan nyeri kolik yaitu menyendawakan bayi sehabis makan. Letakkan bayi dengan posisi berdiri di bahu Anda. Lalu, tepuk-tepuk punggungnya sampai dia bersendawa.

Para ahli mengatakan, dengan bersendawa dapat membantu bayi mencegah udara masuk berlebihan ke dalam perutnya. Selain kolik, masalah lain yang dihadapi seperti gangguan pencernaan dan kembung. Demikian dilansir Thehealthsite, Kamis (9/2/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini