Tidak Usah Beli! Ini 4 Tips Bikin Roti Panggang Enak & Menggoda

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 10 Februari 2017 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 09 298 1614060 tidak-usah-beli-ini-4-tips-bikin-roti-panggang-enak-menggoda-j0xAhu3wzD.jpg Roti bakar cokelat keju (Foto:Dasoecafe)

ROTI panggang merupakan salah satu jenis kudapan yang dapat disajikan dalam suasana apapun. Selain praktis, kudapan ini juga bisa dikreasikan dengan menambah berbagai topping pilihan.

Sayangnya, masih banyak yang belum mengetahui cara terbaik memanggang roti agar menghasilkan tekstur ideal. Padahal, hal terpenting yang harus diperhatikan hanya seputar jenis dan ukuran roti yang digunakan.

Daripada penasaran, yuk simak tips ampuh membuat roti panggan yang lezat dan menggugah selea, sebagaimana dilansir dari Femina India, Jumat (10/2/2017).

Pilihlah jenis roti yang tepat

Ketika berbelanja, pastikan Anda memilih jenis roti yang tepat. Pilihlah roti yang memiliki pinggiran kokoh, namun lembut di bagian tengahnya. Hindari memilih roti tawar biasa, karena teksturnya mudah rusak ketika dioleskan mentega atau selai. Sebaiknya Anda memilih roti segar buatan tangan (homemade), mengingat kualitasnya lebih baik ketika dipanggang.

 

Simpanlah dengan benar

Jika Anda terpaksa membeli roti namun belum ingin mengolahnya, Anda dapat menyimpa roti di dalam freezer. Sebelum melakukan tindakan tersebut, irislah roti menjadi beberapa bagian, lalu bungkus menggunakan kantung plastik sebelum memasukkan ke dalam freezer. Cara ini sangat ampuh untuk menjaga ketebalan roti, dan menghindarkan dari serangan jamur.

Perhitungkan ukurannya

Memanggang roti yang terlalu tipis cenderung cepat gosong. Ukuran ideal untuk roti panggang adalah 14 mm. Ini akan membuat tekstur roti menjadi lebih crispy, renyah, dan dapat ditaburi berbagai topping.

Perhatikan warnanya

 

Roti panggang yang masak sempurna akan mengeluarkan warna cokelat keemasan. Oleh karena itu, perhatikanlah alat pemanggang dan waktunya secara seksama. Menurut sejumlah ahli, setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih 2 menit 30 detik untuk mendapat tekstur dan warna yang ideal. Namun, jika Anda menginginkan roti bertekstur halus, cukup panggang selama 2 menit saja.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini