nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Timbul Ruam pada si Kecil, Waspada Gejala Penyakit Autoimun

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 09 Februari 2017 16:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 09 481 1613432 timbul-ruam-pada-si-kecil-waspada-gejala-penyakit-autoimun-K9NsTrSOMD.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

SISTEM kekebalan tubuh dalam suatu kondisi mungkin tidak mengenali jaringan sehat yang terdapat di dalam tubuhnya dan menyerang sel-sel sehat. Sistem menganggap, sel sehat ini menjadi benda asing atau antigen. Kondisi ini dikenal sebagai penyakit autoimun.

Ada dua jenis autoimun, yakni sistemik dan lokal. Autoimun sistemik cenderung menyebar ke organ kulit, ginjal, dan hati. Di sisi lain, penyakit autoimun lokal memiliki efek organ tubuh tertentu, seperti tiroid, hati, atau kelenjar adrenal.

Penyakit autoimun bisa memengaruhi beberapa fungsi tubuh, seperti sendi, pembuluh darah, sel darah merah, jaringan ikat, otot, bahkan kelenjar endrokin, misalnya pankreas atau tiroid. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa mengidap penyakit ini.

Beberapa penyakit autoimun yang sangat umum pada anak, di antaranya penyakit hati, celiac, Addison, tiroiditis autoimun, arthritis juvenile, scleroderma pada remaja, daiabetes tipe 1, penyakit Kawasaki, lupus, dan multiple autoimmune syndrome atau MAS.

Terdapat beberapa gejala umum autoimun pada anak, yang orangtua perlu ketahui. Umumnya, anak merasa pusing, demam, kelelahan, mulut kering, mata kering, nyeri sendi, serta terdapat ruam. Sebenarnya, terdapat gejala khusus tergantung pada bagian tubuh anak yang diserang.

Bila orang tua mendapati sang anak gejala-gejala tersebut, tidak ada salahnya untuk segera berkonsultasi ke dokter. Untuk menyembuhkan penyakit autoimun, perlu dilakukan perawatan yang intensif dan disiplin sesuai rekomendasi ahli medis. Demikian dilansir dari Boldsky, Kamis (9/2/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini