nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Si Kecil Terkena Penyakit Autoimun? Segera Ketahui 7 Pengobatannya

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 09 Februari 2017 12:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 09 481 1613447 si-kecil-terkena-penyakit-autoimun-segera-ketahui-7-pengobatannya-Yd1ovyCg8u.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PENGOBATAN untuk penyakit autoimun biasanya dilakukan untuk meringankan gejala. Pengobatan ini juga bertujuan mengendalikan kerusakan gejala karena penyakit dan untuk mempertahankan kemampuan tubuh anak memerangi penyakit.

Melansir Boldsky, Kamis (9/2/2017), terdapat beberapa cara pengobatan penyakit autoimun yang biasanya dilakukan pada anak, berikut di antaranya:

Transfusi darah

Treatment ini dilakukan bila autoimun menyerang organ ginjal dan hati. Transfusi darah menjadi penting bagi anak karena tubuh berhenti memproduksi darah yang cukup.

Suplemen

Biasanya dokter menyarankan beberapa konsumsi suplemen untuk menggantikan insulin, hormon, atau vitamin untuk Anda. Suplemen ini juga membangun daya tahan tubuh si kecil untuk menjalankan tugasnya.

Terapi fisik

Bila si kecil memiliki penyakit autoimun yang berhubungan dengan sendi, otot, atau tulang, biasanya dokter menyarankannya melakukan terapi fisik. Ya, terapi fisik amat penting untuk memperkuat otot-otot dan membantu bagian tubuhnya bergerak seperti sedia kala.

Obat non-steroid dan anti-inflamasi

Pada dasarnya, obat penghilang rasa sakit seperti naproxen dan ibuprofen dapat membantu meringankan kekakuan, sakit, dan bengkak pada tubuh anak. Mereka memiliki kemampuan untuk menekan rasa sakit yang dipicu oleh penyakit tertentu, seperti rheumatoid arthritis. Namun, dosis akan disesuaikan dengan resep dokter.

Kortikosteroid

Ini adalah hormon yang diproduksi kelenjar adrenal. Hormon ini bisa diberikan dalam bentuk suntikan, losion, tablet, dan inhaler. Obat-obatan tersebut amat berpengaruh bagi daya tubuh si kecil dan biasanya diberikan hanya dalam dosis kecil oleh dokter.

Operasi

Beberapa pengobatan disesuaikan dengan gejala dan penyakit anak itu sendiri. Dalam kasus penyakit Crohn (ostruksi usus) atau juvenile idiopathic arthritis, mungkin anak perlu melakukan operasi.

Plasmaferesis

Selain pengobatan di atas, anak dengan autoimun dapat diobati melalui plasmaferesis, yakni metode untuk memberantas plasma. Terutama, plasma yang membawa antibodi ke dalam darah. Hanya dalam kasus berat, dokter menyarankan prosedur ini untuk membantu tubuh menyingkirikan antibodi yang dapat memicu respon autoimun dalam tubuh anak.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini