Mengenal Penyakit Autoimun yang Dialami Missy Elliott

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 09 Februari 2017 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 09 481 1613583 mengenal-penyakit-autoimun-yang-dialami-missy-elliott-RjYQqsHw8o.jpg Miss Elliott mengidap graves pada 2008 (Foto: CBS News)

TAK hanya Selena Gomez yang bertarung karena penyakit autoimun, begitu juga dengan Miss Elliott. Penyanyi berusia 45 tahun ini mengidap Graves, sebuah penyakit autoimun, beberapa tahun silam.

Elliott sempat absen dari perhelatan musik sejak 2005. Ia akhirnya kembali 10 tahun kemudian dengan kondisi yang lebih prima ketika berada di Super Bowl Show 2015.

Ia pertama kali didiagnosis mengidap Graves pada 2008. Berat badannya turun dan seluruh fisiknya berubah. Beberapa efek dari sindrom ini membuat rapper asal Amerika ini berhenti sejenak dari kancah permusikan.

"Penyakit ini menyebabkan rambutku rontok dan ada tonjjolan pada mataku. Tekanan darahku selalu naik saat aku terlalu ekstra bekerja," kata Elliott.

Tak banyak orang mengetahui penyakit Graves. Menurut Mayo Clinic, gejala Graves disertai dengan penurunan berat badan, kecemasan, sering buang air besar, tremor pada tangan, mata menonjol, jantung berdebar-debar.

Umumnya, penyakit ini disebabkan oleh hormon tiroid. Ahli medis masih bertanya-tanya mengapa hal ini terjadi pada individu yang sehat.

Siapa saja sebenarnya berisiko mengidap sindrom Graves. Penyakit ini berpotensi terjadi pada wanita, orang yang berusia di bawah 40 tahun, perokok, dilanda stres, dan orang-orang dengan gangguan kekebalan tubuh.

Dokter biasanya melakukan pengobatan anti-tiroid, maupun yodium radioaktif. Dalam kondisi tertentu penderita Graves dianjurkan untuk menjalani prosedur operasi.

Untuk mendukung kesembuhan, penderita juga disarankan untuk berolahraga, konsumsi makan sehat, serta menghindari stres. Pola hidup sehat ini juga dilakukan oleh Elliott. Ia merasakan adanya perubahan yang lebih baik ketika ia mengubah cara hidupnya.

"Ada perubahan fisik, sakit kepala ekstrim, penurunan berat badan ekstrim. Menjadi figur publik dan dinilai oleh masyarakat? Itu hal yang sulit," cerita Elliott.

Melalui bantuan obat-obatan, ia berhasil bangkit dari penyakitnya. Elliott kembali menjadi sorotan publik dan hidup lebih sehat. Demikian dilansir dari Billboard, Kamis (9/2/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini