nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Untuk Newbie Moms, Begini 6 Tips Merawat Bayi Baru Lahir

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Sabtu 11 Februari 2017 13:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 11 481 1615745 untuk-newbie-moms-begini-6-tips-merawat-bayi-baru-lahir-c6Gzk9Wqej.jpg Cara merawat bayi baru lahir (Foto:Webmd)

 

MELAHIRKAN dan merawat anak pertama menjadi momen yang membahagiakan bagi ibu. Meski belum berbekal pengalaman merawat bayi, pasti ibu tetap memberikan terbaik untuk si kecil.

Beberapa ibu umumnya mencari informasi untuk mengaplikasikan perawatan terbaik untuk anaknya. Melansir Thehealthsite, Sabtu (11/2/2017), berikut tips merawat bayi yang baru lahir untuk para ibu.

 

Menjaga higienitas

Sebelum menggendong bayi, pastikan tangan bersih dan memakai pakaian yang tidak kotor. Hal ini menghindari si kecil terinfeksi dari bakteri dan virus.

Menggendongnya dengan benar

Karena tubuh dan tulang si kecil masih belum kuat, saat menggendongnya, tangan ibu perlu memberi tumpuan pada kepala dan punggung si kecil. Sehingga ia bisa merasa nyaman pada gendongan ibu.

 

Bermainlah dengan lembut

Bayi yang baru lahir belum bisa menanggapi permainan Anda. Bermainlah dengan lembut dan jangan melakukan permainan kasar, karena bayi belum memiliki keseimbangan yang baik.

 

Bicaralah pada si kecil

Mengajak si kecil berbicara, mampu memicu perkembangan kognitifnya. Bayi yang sering diajak bicara membantunya untuk mengerti dan memudahkannya belajar bicara di kemudian hari.

Sering ganti popoknya

Jangan enggan untuk mengganti popok si kecil. Pasalnya, si kecil yang baru lahir seringkali buang air. Tidak mengganti popoknya membuat kulit bayi yang baru lahir mudah teriritasi.

Memberinya makan

Anda tak perlu khawatir, si kecil yang baru lahir akan terlelap 16-20 jam tiap harinya. Bayi biasanya akan minum ASI tiap dua jam sekali. Anda tak perlu mengganggu waktu tidurnya untuk memaksanya makan, biasanya ia akan menangis ketika lapar kok, Moms.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini