nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Agar Tidak Berbau Amis, Begini Tips Mengolah Ikan Lele

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 13 Februari 2017 11:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 13 298 1616646 agar-tidak-berbau-amis-begini-tips-mengolah-ikan-lele-t6bTVKm8Pc.JPG Cara membersihkan ikan lela agar tidak bau amis (Foto:Kiloejournalis)

SIAPA yang tidak tahu pecel lele? Kuliner tradisional khas Lamongan ini dikenal karena rasanya yang gurih dengan tekstur garing menggoda. Namun terkadang, sebagian besar pencinta kuliner cenderung membeli hidangan tersebut karena tidak tahu cara mengolahnya.

Seperti diketahui, ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki bau amis cukup tajam. Jika tidak mengetahui teknik pengolahannya, bau amis tidak akan hilang meski telah melewati proses penggorengan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut tips praktis menghilangkan bau amis pada ikan lele. Selamat mencoba!

Cuci bersih

Seperti mengolah ikan pada umumnya, poin terpenting yang harus dilakukan adalah mencuci ikan hingga bersih. Untuk ikan lele Anda harus mencucinya dengan air bersih yang mengalir (air keran). Jangan lupa potong sirip yang ada di sebelah kanan dan kiri insangnya. Selain dapat melukai tangan Anda, sirip tersebut juga menyimpan racun yang berbahaya. Cucilah ikan lele hingga bersih agar terhindar dari bau amis.

Potong dengan benar

Sebelum memasak ikan lele, potonglah ikan lele dengan cara menyayat bagian belakang kepala hingga ekornya. Anda dapat mengikuti garis tulang pada ikan lele untuk mempermudah proses tersebut. Tidak hanya itu, menyayat daging ikan lele dengan cara ini juga berfungsi untuk membantu penyerapan bumbu secara merata.

Bersihkan jeroan

Tahap selanjutnya yang tak kalah penting adalah membersihkan jeroan dan perut ikan lele. Jeroan merupakan sumber rasa dan bau tanah yang sering dijumpai banyak orang. Cara membersihkannya pun sangat mudah, buatlah keratan kira-kira 0,5 - 1 cm di belakang patil ikan lele sampai terlihat kantung kelenjarnya. Setelah itu keluarkan kantung kelenjar berwarna kehitaman, dan usahakan jangan sampai pecah. Lakukan hal serupa pada patil yang lain.

Berikan bumbu yang tepat

Agar ikan lele tidak berbau amis, Anda bisa memberikan berbagai jenis bumbu dapur tergantung jenis makanan yang hendak Anda olah. Trik paling sederhana yaitu, rendam ikan lele pada campuran bawang merah, garam, jeruk lemon, kunyit, serta ketumbar. Lalu berikan sedikit air agar ikan lele terendam sempurna, kemudian rendam selama kurang lebih 15-20 menit.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini