Kenalkan, Mechanical Thrombectomy Teknik Pengobatan Stroke Terkini

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 13 Februari 2017 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 13 481 1616914 kenalkan-mechanical-thrombectomy-teknik-pengobatan-stroke-terkini-Fz7YUbchBe.jpg Ilustrasi (Foto: Readerdigest)

SETIAP pasien stroke awalnya harus menjalani fisioterapi untuk mencegah kelumpuhan. Tetapi ada teknik pengobatan baru yang lebih meringankan gejala stroke yang dikenal dengan mechanical thrombectomy.

Teknik pengobatan itu baru saja dikenalkan oleh National Health Service di Inggris. Dokter akan memasang sebuah tabung kecil yang dimasukkan ke dalam arteri di pangkal paha dan menyambung di otak.

Teknik tersebut diklaim mencegah pembekuan darah pada pasien stroke yang menjadi penyebab kelumpuhan. Karena umumnya pasien stroke memiliki gumpalan darah yang harus diencerkan dengan obat.

Tapi dengan melakukan mechanical thrombectomy taraf hidup pasien akan semakin membaik. Teknik pengobatan ini telah diuji 90 hari pada pasien stroke di Inggris.

"Ini (mechanical thrombectomy-red) adalah salah satu dari 10 inovasi medis dari dekade terakhir," ujar Konsultan Neuroradiologist Sanjeev Nayak dari Universityof North Midlands, dikutip Independent, Senin (13/2/2017).

Seharusnya teknik pengobatan terkini itu dapat menjadi cara baru untuk menolong pasien stroke di beberapa negara dengan penderita stroke yang tinggi jumlahnya. Karenanya, hampir dua pertiga dari penderita stroke meninggalkan rumah sakit dengan cacat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini