Bila 5 Organ Tubuh Ini Tidak Ada, Manusia Masih Bisa Hidup Lho!

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Senin 13 Februari 2017 15:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 13 481 1616952 bila-5-organ-tubuh-ini-tidak-ada-manusia-masih-bisa-hidup-lho-fQjsvq9WLo.jpg Manusia masih bisa hidup tanpa usus buntu (Foto: Boldsky)

TUBUH manusia diciptakan seperti mesin yang kompleks dan berkaitan erat satu dengan lainnya. Namun, jika beberapa organ tidak ada, tubuh manusia masih tetap hidup. Beberapa organ tubuh mungkin memiliki fungsinya, tetapi dalam kasus tertentu malah menimbulkan masalah bagi kesehatan manusia

Melansir Thehealthsite, Senin (13/2/2017), dr Pradip Shah menyebutkan beberapa organ tubuh manusia yang sebetulnya tidak begitu penting.

Kelenjar pituitari

Kelenjar ini merupakan bos dari sistem endokrin dan ukurannya hanya sebesar kacang. Dia terhubung pada bagian bawah otak. Kelenjar ini bisa saja menghasilkan tumor dan perlu dilakukan pembedahan.

Amandel

Organ yang satu ini berfungsi melawan kuman pada mulut kita, Terkadang, kuman yang tinggal pada amandel bisa menyebabkan radang dan infeksi tenggorokan berulang. Biasanya dokter menyarankan pengangkatan benjolan.

Usus buntu

Organ vestigial ini tidak begitu memiliki manfaat yang signifikan dalam tubuh. Tubuh manusia bisa saja mengalami peradangan pada usus buntu. Biasanya dokter mengambil prosedur operasi untuk melakukan pengangkatan usus buntu.

Limpa

Organ ini bertugas mengumpulkan sel darah tua dan mendaur ulang mereka. Bila pasien secara konsisten memiliki jumlah trombosit rendah, dokter sering menyarankan pasien melakukan splenektomi atau pengangkatan limpa. Dalam kondisi tertentu, limpa malah menurunkan sistem kekebalan tubuh dan membuat orang lebih rentan terhadap infeksi.

Kelenjar getah bening

Menurut dr Shah, berdasarkan pandanagn medis, kelenjar getah bening mengandung sel-sel kanker. Kelenjar ini biasanya dihapus sebagai bagian dari manajemen bedah kanker.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini