Image

Tarik Minat Warga Australia dengan 3 Diplomasi Kuliner Nusantara

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 15 Februari 2017, 12:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 15 298 1618894 tarik-minat-warga-australia-dengan-3-diplomasi-kuliner-nusantara-yYYFLgcAiC.jpg Kuliner Indonesia gaet turis Australia (Foto:CNN)

KULINER Nusantara bisa jadi satu alat promosi pariwisata yang menjanjikan. Kali ini pemerintah tengah gencar berusaha menarik minat warga Australia dengan menggunakan alat promosi berupa kuliner.

Kali ini Kementrian Pariwisata (Kemenpar) akan mengirimkan tiga diplomasi kuliner Wonderful Indonesia yang siap mengepung Negeri Kangguru, Australia pada 2017 ini. Dari keteranagan pers mengatakan akan ada beragam makanan tradisional Indonesia yang disajikan secara elegan.

“Ada tiga even kuliner yang sudah kita siapkan untuk bergerilya selera rasa Australia. Yang terdekat Gala Dinner Presentation Award Wonderful Indonesia- Australia Golfer, di Perth, 28 Februari 2017. Setelah itu, Chilly and Avocado Festival di Fremantle. Yang ketiga Quaff festival di Graldton,” terang Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana, yang didampingi Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik, Vinsensius Jemadu.

Kuliner dianggap sebagai salah satu media yang ampuh untuk mempromosikan pariwisata Indonesia demi menarik wisatawan mancanegara untuk menyambangi Indonesia. Sebenarnya sudah banyak negara pendahulu yang sukses mem-branding pariwisata lewat makanan. Sebut saja Thailand, Vietnam, China dan Malaysia.

Kekayaan kuliner Indonesia sebenarnya tak kalah dengan negara tetangga bahkan bisa dibilang lebih beragam dan kaya rasa namun langkah promosinya yang masih terbatas dan kurang maksimal menembus sasaran. "Kebetulan kuliner Indonesia tidak kalah. Potensi kita besar, dan itu yang mulai kita jadikan alat untuk promosi destinasi kita," lanjut Pitana.

Demi mendapatkan perhatian lebih, Pitana mengatakan akan mengemas kegiatan kuliner ini dengan tampilan yang menarik. Seperti misalnya di Perth akan ada makan malam formal ala fine dining yang diisi dengan sederet hiburan budaya tradisional Indonesia.

“Kami menggaet Chef asal Australia untuk memasak makanan Indonesia,” tambah Pitana yang berdarah asli Bali ini.

Masyarakat Perth bisa mencicipi langsung bagaimana cita rasa makanan khas Indonesia dengan food terster. Selain ini ada big screen yang siap memberikan informasi seputar kuliner Indonesia. Semua akan dikemas apik demi menggaet minat wisatawan mancanegara khususnya dari Australia.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini