nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Deteksi Tanda Penuaan Dini pada Kulit

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017 07:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 16 194 1620394 cara-deteksi-tanda-penuaan-dini-pada-kulit-cuDM1T0OyP.jpg Kenali tanda penuaan dini (Foto: Women Fitness)

BERTAMBAHNYA usia menyebabkan seseorang mengalami penuaan. Umumnya, tanda penuaan akan terlihat jelas pada kulit, namun tak perlu khawatir lantaran hal tersebut merupakan sesuatu yang lazim terjadi pada setiap orang.

Justru yang perlu dikhawatirkan adalah ketika tanda penuaan terjadi terlalu cepat pada usia yang belum seharusnya. Inilah yang kemudian dikenal dengan penuaan dini.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr Eddy Karta, SpKK, pun membenarkan hal ini. Ia mengatakan jika penuaan tak hanya terjadi pada usia 30-40 tahun, tetapi bisa dimulai sejak usia 25 tahun.

"Kebanyakan orang-orang percaya bahwa proses penuaan kulit wajah baru akan terjadi setelah usia 30 tahun atau bahkan 40 tahun. Padahal, proses penuaan kulit wajah sudah dimulai sejak usia 25 tahun," ujar dr Eddy Karta SpKK, di kawasan Jakarta Selatan, belum lama ini.

Lantas, apa tanda paling mudah dalam mengenali penuaan?

"Cara mengenalinya, kulit menjadi lebih gelap dan kusam. Hampir sama seperti kulit kalau terlalu banyak berjemur atau berenang kan menjadi hitam dulu, tidak separah itu tetapi kurang lebih seperti itu. Terlihat kusam karena kulit-kulit matinya menjadi numpuk," terang dr Eddy.

Dituturkan dokter berparas oriental ini, kulit yang kusam akibat proses pengelupasan yang lamban terjadi. Lambannya proses pengelupasan seiring bertambahnya usia seseorang.

"Kulit itu melalui proses pengelupasan beberapa kali, biasanya 28 hari mengelupas. Tetapi, ketika menua pengelupasan menjadi lebih lambat, bisa 30-35 hari sehingga kulitnya menjadi kusam. Nah, pengelupasan yang lambat ini akibat bertambahnya usia," terang dr Eddy.

Kendati demikian, jika tanda penuaan tersebut terjadi pada usia yang masih muda, hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor.

"Tetapi, bisa juga karena banyak faktor, seperti polusi, sinar matahari, pakai make-up terus, selalu terpapar dengan AC sehingga kulit menjadi kering. Kalau kulitnya kering, pengelupasan menjadi lambat, sehingga jadi penuaan dini," lanjutnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini