Image

Noda Hitam di Wajah, Itu Termasuk Tanda Penuaan Dini

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 12:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 17 194 1620846 noda-hitam-di-wajah-itu-termasuk-tanda-penuaan-dini-R1QbL1lI61.jpg Noda hitam salah satu tanda penuaan dini (Foto: Youtube)

BICARA soal tanda-tanda penuaan dini, terkadang kita sebagai wanita memang terlalu fokus soal cara mengatasi datangnya tanda-tanda penuaan dini di kulit wajah.

Padahal secara harafiah, sebelum menanggulangi maka hal pertama yang harus diketahui adalah memahami dulu apa-apa saja sebetulnya tanda-tanda penuaan dini yang mulai nampak. Dengan memahami apa saja tanda-tanda penuaan dini, maka solusi untuk mengatasinya pun akan jauh lebih efisien dan tepat.

Nah untuk itu, tidak ada salahnya untuk membaca ulasan berikut terkait apa saja tanda-tanda penuaan dini, sebagaimana disitat Allure, Jumat (17/2/2017).

Noda hitam 

Tanda-tanda penuaan dini sebetulnya sudah mulai bisa dilihat pada usia kepala 2 loh, salah satunya ialah dengan kemunculan sun spot alias bercak-bercak noda kecoklatan atau hitam sebagai efek terpapar jahatnya sinar matahari. Jika sudah mulai terlihat bintik-bintik noda kecoklatan atau hitam di wajah, disarankan sejak dini pakailah produk skincare yang mengandung hydroquinone dan retinol.

Garis-garis mendatar

Terkenal dengan sebutan garis kerutan atau fine lines, di mana garis kerut ini biasanya hadir bersamaan dengan kulit wajah yang semakin hari semakin kering. Sudah mulai muncul garis kerut di area sekitar mata, kening, atau smile line di bibir? Ganti produk make-up yang berbentuk powder atau bedak dengan foundation berbentuk krim, gunakan juga pelembap berjenis tinted moisturizer dan selalu aplikasikan primer di area kerutan agar kerutan tidak semakin tampak jelas.

Crow's-feet

Crow feet atau garis keriput bertumpuk-tumpuk biasanya mulai hadir menyerang di usia 20-an, dan biasanya muncul di area samping mata. Solusi untuk tanda penuaan dini yang satu ini adalah rutin menggunakan sunglasses yang pas, mengoleskan krim tabir surya dan krim (baik mata ataupun wajah) yang mengadung kandungan retinol secara rutin.

Kusam

Kulit wajah yang kusam disebut sebagai salah satu tanda penuaan dini berikutnya. Jika kulit wajah mulai terlihat kusam dan tidak lagi bercahaya, maka ini adalah pertanda bahwa kulit wajah sudah mengalami proses penuaan dini karena regenerasi jaringan kulit semakin melambat setiap harinya. Rajin eksfoliasi dengan glycolic acid bisa jadi salah satu solusi untuk meningkatkan regenerasi sel kulit serta mengangkat sel kulit mati dan kulit-kulit yang kering.

Mata sendu

Kulit di area mata termasuk yang paling tipis dibandingkan kulit lainnya. Maka jika kulit area mata yang tipis ini mulai menunjukkan tanda seperti menggelap dan terlihat kendur, ini adalah salah satu kulit wajah Anda sudah mengalami penuaan dini.

Kulit kering 

Salah satu tanda paling mudah yang bisa dilihat selanjutnya ialah kondisi kulit wajah secara keseluruhan. Jika kelembapan kulit wajah semakin berkurang, sehingga menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan bersisik. Maka kulit wajah Anda memang sudah mengalami apa yang dinamakan penuaan dini.

Kulit kendur

Selain kelembapan yang berkurang sehingga menjadikan kulit wajah jadi kering. Kulit yang mengendur alias tidak lagi kencang dan kenyal adalah salah satu tanda penuaan dini yang paling jelas. Produksi kolagen dan elastin memang nyatanya akan semakin berkurang saat memasuki usia 20-akhir. Perhatikan kulit di sekitar pipi dan dagu, jika sudah kendur maka kulit wajah Anda sudah terserang gejala penuaan dini.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini