Image

Atasi Keriput dan Noda Hitam dengan Masker Rumahan, Manjur Enggak Ya?

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017, 18:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 17 194 1621319 atasi-keriput-dan-noda-hitam-dengan-masker-rumahan-manjur-enggak-ya-gGvUZv2OdU.jpg Masker tomat (Foto: Aroosjon)

PENUAAN bisa dialami oleh setiap orang, baik wanita atau pun pria. Kendati demikian, terdapat sejumlah cara untuk memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan tersebut. Salah satunya menggunakan bahan-bahan alami.

Ya, bahan-bahan alami diklaim ampuh memperlambat tanda-tanda penuaan yang kerap terlihat pada kulit. Namun, yang menjadi pertanyaan, seberapa efektif memperlambat penuaan menggunakan bahan alami?

"Sebenarnya bisa-bisa saja menggunakan bahan-bahan alami. Karena produk perawatan kulit pada dasarnya berasal dari bahan-bahan alami yang kemudian diolah," kata dr. Eddy Karta, SpKK, yang ditemui di kawasan Jakarta Selatan, belum lama ini.

Meski begitu, dituturkan dr Eddy, beberapa kandungan di dalam bahan alami memang ada yang seharusnya tidak cocok diaplikasikan pada kulit. Alhasil, penting untuk menyesuaikan tipe kulit dengan bahan-bahan alami tersebut.

"Seperti tomat, misalnya, kalau dibuat masker bisa bikin gatal. Jadi, agak susah juga kalau dibilang efektif atau tidak, mereka yang tipe kulitnya sensitif pakai masker dari bahan alami langsung bikin gatal," terang pria berwajah oriental itu.

Namun, disarankan atau tidak, penggunaan bahan-bahan alami bisa dilakukan jika memang tidak ada keluhan yang muncul pada kulit sesaat setelah pengaplikasiannya. Sebab tidak semua tipe kulit cocok menggunakannya.

"Pada dasarnya boleh saja selama dia tidak mengalami keluhan gatal, sifatnya jadi trial and error. Ada orang yang pakai lidah buaya gatal, ada pula yang cocok. Jadi, enggak semua orang bisa di-endorse kesitu, karena ada kandungan bahan yang enggak bisa dipakai," tandasnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini