nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mitos Gunung Parang yang Melegenda

Fiddy Anggriawan , Jurnalis · Minggu 19 Februari 2017 11:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 17 406 1621531 mitos-gunung-parang-yang-melegenda-QJrC4gEYZ7.jpg Gunung Parang (foto: Erika Kurnia/Okezone)

GUNUNG Parang di Kabupaten Purwakarta merupakan pegunungan batuan andesit purba yang terjadi dari sebuah proses intrusi, di mana magma membeku sebelum muncul ke permukaan untuk menjadi gunung api.

Gunung batu ini memiliki ketinggian sekira 963 meter dari permukaan laut, dengan diapit oleh Bendungan Jatiluhur dan Bendungan Cirata.

Ternyata, gunung yang terletak di Kecamatan Tegalwaru ini memiliki mitos yang sudah melegenda lho. Masyarakat Karawang mengenal gunung ini dengan nama Gunung Barang.

Jika diamati dari cerita yang melegenda, banyak orang datang ke gunung ini untuk meminta diberikan banyak kekayaan dengan cara-cara gaib alias pesugihan. Bahkan, sampai saat ini mitos tersebut masih beredar di balik keindahan Gunung Parang.

Selain itu, terdapat juga beberapa legenda yang beredar di masyarakat mengenai Nyai Ronggeng, Ki Pat Tinggi, Ki Jonggrang dan Mbah Jambrong yang memiliki kaitan dengan Kerajaan Padjajaran.

Tak ayal, jika masyarakat sekitar Gunung Parang masih mempercayai hal-hal mistis, seperti teluh (santet), pesugihan, dan lain sebagainya di dunia yang serba modern seperti saat ini.

Kini, Gunung Parang menjadi salah satu favorit wisatawan. Sebab, di salah satu sisi tebing telah dibangun jalur via ferrata, yakni jalur pendakian yang dilengkapi dengan tangga besi.

Gunung Parang merupakan gunung pertama di Indonesia yang dilengkapi dengan jalur via ferrata setelah diresmikan di 2015 silam.

Jika Anda ingin mencobanya tentu harus memakai perlengkapan keamaan tambahan, seperti sebuah tali pengaman yang akan dikaitkan setiap lintasan besi, seat harness, dan helm pelindung.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini