NGERI! Inilah 5 Efek Buruk Keseringan Makan Junk Food

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 17 Februari 2017 09:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 17 481 1620749 ngeri-inilah-5-efek-buruk-keseringan-makan-junk-food-5O3Nk8ZzZJ.jpg Ilustrasi (Foto: Livestrong)

HIDUP di era modern, junk food semakin menjamur, tidak sulit menemukan makanan tidak sehat ini di kota besar. Ironisnya, junk food dapat memberikan banyak masalah terhadap kesehatan Anda.

Karena itu, sudah sepatutnya Anda membatasi konsumsi junk food. Karena, sejumlah masalah kesehatan akan muncul di kemudian hari ketika Anda sering mengonsumsi junk food.

Berikut dampak dari terlalu sering mengonsumsi junk food seperti yang dilansir dari laman Wonderslist, Jumat (17/2/2017):

Obesitas

Obesitas berarti memiliki terlalu banyak lemak tubuh, tidak sama dengan kelebihan berat badan. Junk food yang tinggi kalori dan gula berperan terhadap kenaikan berat badan. Bahkan, porsi kecil junk food dapat meningkatkan asupan kalori Anda.

Selain itu, junk food juga mengubah kebiasaan makan sehat Anda. Orang yang mengonsumsi junk food cenderung malas makan buah-buahan, sayuran dan susu. Perubahan kebiasaan makan ini dapat dengan cepat menyebabkan obesitas.

Penyakit jantung

Orang yang gemar mengonsumsi junk food empat kali dalam seminggu memiliki risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 80 persen. Junk food membuat risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi karena kadar lemak jenuh yang tinggi. Lemak tersebut dapat menyumbat arteri dan dari waktu ke waktu meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh.

Diabetes tipe 2

Junk food telah menjadi cara hidup bagi banyak orang yang sibuk mencari alternatif serba cepat. Namun, gaya hidup yang buruk dari mengonsumsi junk food dapat berakhir dengan terkena diabetes tipe 2. Karena, diabetes tipe 2 dapat diawali dengan kelebihan berat badan yang merupakan salah satu dampak dari sering mengonsumsi junk food.

Menyebabkan maag

Penyakit maag adalah masalah lambung di area pencernaan yang sangat menyakitkan. Selama hampir 100 tahun, para dokter percaya bahwa stres, makanan pedas dan alkohol bisa memicu maag. Namun, ternyata junk food juga bisa menjadi salah satu penyebab masalah lambung ini.

Stres

Makanan kaya lemak adalah alasan dari penyakit yang berhubungan dengan jantung, pembuluh darah, dan hati. Hal ini pada akhirnya juga meningkatkan tingkat stres. Banyak penelitian telah mengamati bahwa makanan kaya lemak seperti junk food dapat meningkatkan stres dibanding mereka yang mengonsumsi makanan rendah lemak.

Makanan dan minuman yang masuk kategori junk food bertindak sebagai stimulan yang kuat bagi tubuh, sehingga menjadi penyebab langsung dari stres.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini