nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Panjat Tebing via Ferrata di Purwakarta, Enaknya Pilih Jalur Mana?

Erika Kurnia, Jurnalis · Minggu 19 Februari 2017 19:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 19 406 1622383 ingin-panjat-tebing-via-ferrata-di-purwakarta-enaknya-pilih-jalur-mana-7ZQ2qNrXRS.jpg Gunung Parang via Ferrata, Purwakarta (Foto: Erika Kurnia/Okezone)

WISATA panjat tebing via ferrata di Gunung Parang jadi kegiatan outdoor yang banyak diminati. Semua orang dari kalangan usia, baik yang pernah maupun belum pernah melakukan panjat tebing bisa mencoba. Tapi, jalur mana yang enaknya dipilih?

Sejak 2015 lalu, Gunung Parang yang sudah populer sebagai lokasi panjat tebing membuka jalur via ferrata atau jalur besi ("taraje beusi" dalam bahasa Sunda). Sampai saat ini, ada operator Badega Parang, Skywalker, dan Parang via Ferrata yang punya jalur pendakian masing-masing.

Apa yang ditawarkan masing-masing operator tersebut? Berikut Okezone ulas selengkapnya.

Badega Parang

PROMO PAKET SUPERADVENTURE Mt. PARANG yang superlengkap hadir lagi buat para Adrenaline Jungkie di Gunung Parang, Purwakarta, Jawa Barat, Indonesia. . Booking selama bulan FEBRUARI dan mainkan nanti di bulan MARET saat musim pendakian terbaik Gunung Parang baru saja dimulai... . Mulai dari Trekking ke Puncak Tower 1, dan menyeberanginya ke Tower 2 lewat Tyrolean sepanjang 100m di ketinggian 900m sambil bermain-main hammock ditengah perjalanan penyeberangan. Selanjutnya turun melalui Via Ferrata di Tower 2 sejauh 300m ke Tower 3, dan dilanjutkan menuruni tali dengan teknik Rappeling sejauh 100m dan akhirnya menyusuri rute trekking di antara 2 pillar dinding tower 2 dan 3 yang disebut rute "setan" untuk kembali ke Basecamp. . Perjalanan akan memakan waktu 8 jam termasuk istirahat sesantai-santainya di sepanjang perjalanan naik dan turun. Tidak perlu jadi profesional dalam petualangan, semua bisa dari anak-anak sampai dewasa...dan semua umur..! . PROMO INI HANYA BERLAKU DI BULAN FEBRUARI @Rp. 500k/orang (Publish Rate Rp.1,150k), termasuk guide dan peralatan. UNTUK BERMAIN DI BULAN MARET 2017 . SEGERA PESAN...TEMPAT TERBATAS HANYA DI BULAN MARET 2017 !!! . . Reservation ☎ +62-8787-470-8230 BADEGA GUNUNG PARANG (Adventures Park for Rock Climbing/Via Ferrata/Tyrolean/Trekking/Camp) Mt. Parang, Purwakarta, West Java, Indonesia . WEBSITE http://badegaparang.blogspot.com . . #piknikasik #asalpiknik #badegagunungparang #viaferrata #superadventure #gunungparang #setan #mountparang #badegaparang #purwakarta #jawabarat #asia #westjava #indonesia #climbing #rockclimbing #wisata #ecotourism #tyrolean #tyroleantraverse #badegaparang #purwakarta #wisata #pesonaindonesia #wisataekstrim #antimainstream #wisataasik #adventure

A post shared by Badega Gunung Parang (@badegaparang) on Feb 15, 2017 at 7:39pm PST

Sebagai operator tertua yang dikelola warga lokal, Badega Parang menawarkan jalur via ferrata, bukan hanya untuk peminat khusus pemanjat tebing. Badega Parang kini "pecah kongsi" dan membuat dua operator berbeda di dua kampung, yaitu Cirangkong dan Ciheuni.

Anda yang berminat bisa langsung datang ke sana atau melakukan reservasi sebelum kedatangan. Selain memanjat tebing sampai puncak gunung, Anda bisa mencoba kemah di ketinggian 150 meter, bersantai di hammock di ketinggian, atau bergantung dengan Tyrolean yang menantang.

Pemandu yang profesional, termasuk sosok manusia cicak dari Tebing Parang, akan menemani Anda naik ke atas dan merasakan keakraban yang kekeluargaan. Biaya wisata di sana terbilang cukup murah, karena tidak termasuk fasilitas penjemputan dan dokumentasi.

Skywalker

Operator yang dikelola orang asal Jakarta ini menawarkan fasilitas yang lebih lengkap. Paket wisatanya bisa termasuk transportasi pulang pergi Jakarta - Tebing Parang, dan selalu termasuk biaya makan siang dan dokumentasi, untuk Anda yang tidak ingin repot berfoto saat memanjat.

Selain memanjat via ferrata, Anda juga bisa berkemah di tenda yang telah disediakan. Waktu pendakian dibuka sesuai pemesanan selama hari kerja, dan dari pukul sembilan pagi sampai empat sore di akhir pekan.

Parang via Ferrata

Repost @consinaoutdoorservices . #consinaadventuretrip Consina Goes To Parang Via Ferrata Squad . Thx to @parangviaferrata & @skygers_indonesia

Sebuah kiriman dibagikan oleh PARANG VIA FERRATA (@parangviaferrata) pada Peb 18, 2017 pada 9:32 PST

Ini adalah operator yang terakhir dibuka di Gunung Parang, yaitu November 2016 lalu. Dengan moto "Steps to The Cloud", jalur yang dikelola oleh Skygers sekarang dengan ketinggian 300 meter dan akan dikembangkan untuk mencapai ketinggian 700 meter pada pertengahan tahun 2017.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini