nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Ampuh "Selamat" saat Naik Kereta di India

Tentry Yudvi, Jurnalis · Rabu 22 Februari 2017 08:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 21 406 1624569 cara-ampuh-selamat-saat-naik-kereta-di-india-QdQw8wxZ6Y.jpg Kereta di India (foto: Antriksh/pixabay/roughguides)

INDIA memang sudah terkenal dengan "kekejaman" kereta umumnya. Bahkan, lebih kejam dibandingkan gerbong wanita di KRL Jabodetabek. Bagaimana tidak, untuk menaikinya saja, Anda harus lari dan melompat ke dalamnya.

Selain itu, kereta penumpang di sana juga cukup tua dan mengerikan. So, cocok deh bagi Anda yang suka berpetualangan ekstrem. Selain itu, jangan harap ada yang namanya AC, tak akan ditemukan deh apalagi jika menaiki Himalayan Queen, Grand Trunk Express, dan Deccan Odyssey.

Biar "selamat" selama menaiki kereta di India, intip yuk tips dan triknya sebagaimana dikutip dari Roughguides, Rabu (22/2/2017).

Pesan lebih dulu

Meski berantakan, namun lebih baik memesan kereta terlebih dahulu setidaknya 60 hari sebelum keberangkatan. Jika belum sempat jangan tertarik pilihan calo di sana, langsung saja pergi ke tempat penjualan tiket, jika ingin lebih sederhana lagi bisa juga memesannya dengan online.

Pilih kelas dengan sangat berhati-hati

Di India memang ada delapan jenis kelas yang tidak semua ada di kereta. Jadi Anda pastikan yah memesan kereta dengan kelas AC 1 untuk perjalanan jauh, sebab kelas ini akan memberikan Anda empat kamar tidur, dan juga AC.

Atau bisa juga memilih AC 2 dan AC 3. Meski mahal namun lebih baik deh dibandingkan harus bercampur di gerbong yang sudah sesak.

Jangan berharap tepat waktu

Bukan rahasia lagi jika kereta di sana suka terlambat bahkan waktunya tidak akan menentu. Tenang saja, gunakan ini untuk membuat tubuh rileks dan gunakan waktu beristirahat di stasiun saja.

Jaga barang Anda

Jika Anda terlalu ribet untuk membawa barang lebih baik gunakan tas ransel besar saja. Sehingga tak perlu menenteng perintilan selama perjalanan, sebab hal ini lah yang akan dilihat oleh banyak calon pencopet, dan siap-siap deh kehilangan jika tidak teliti dalam menjaga barang.

Jangan coba menu makanan di kereta

Jangan pernah mencoba sekalipun menu di kereta, karena kebersihannya tidak terjamin bahkan itu juga berlaku untuk air minum. Lebih baik manfaatkan waktu transit deh, dan sempatkan beli makanan. Jika perlu, bawa persediaan dari berangkat menuju destinasi.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini