nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dubai Rencanakan Bangun Gedung Pencakar Langit "Melintir"

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 22 Februari 2017 22:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 22 406 1625392 dubai-rencanakan-bangun-gedung-pencakar-langit-melintir-ZDJjM5hZpV.jpg Gedung Melintir di Dubai (foto: Dynamic Architecture)

KALAU bangunan gedung pada umumnya lurus ke atas, Dubai ingin membuat gedung yang bentuknya “memelintir”. Selalu menjadi yang pertama kali melakukan, Dubai telah merencanakan daya tarik gedung pencakar langit baru.

Ide proyek tersebut diprakarsai oleh Dynamic Architecture, yang sempat tertunda setelah diajukan pada 2008. Tapi sekarang, rencana proyek pembangunan gedung berlantai 80 ini bisa terwujud dalam waktu bertahun-tahun.

Bukan hanya bentuknya yang akan memelintir, tapi gedung yang direncanakan menjadi apartemen dan hotel tersebut akan berotasi. Dengan demikian, pemandangan dari setiap jendela akan berubah dari menit ke menit.

Pergerakan gedung tersebut dikatakan bisa ditentukan oleh keinginan mereka yang tinggal di dalamnya, demikian juga dengan kecepatan rotasinya. Antara setiap lantai akan menjadi turbin angin, sehingga bangunan ini akan benar-benar dapat menghasilkan listrik sendiri.

Arsitek David Fisher menjelaskan pada website, arsitek harus bisa merancang bangunan yang dapat menyesuaikan diri dengan kehidupan.

"Mereka harus bisa beradaptasi dengan ruang kita, fungsi, dan kebutuhan kita yang terus berubah dan bahkan untuk rasa keindahan kami, yang bergerak terus menerus,” katanya, seperti dikutip dari Lonelyplanet, Rabu (22/2/2017).

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini