5 Menu Sarapan yang Gak Bikin Asam Lambung Kambuh

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2017 06:59 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 22 481 1625409 5-menu-sarapan-yang-gak-bikin-asam-lambung-kambuh-YJt19dF2gZ.jpg Asam lambung tinggi atasi dengan makanan yang tepat (foto: shutterstock)

KARENA salah makan saat sarapan, bisa-bisa Anda mengalami kambuhnya asam lambung. Maka pentingnya memilih sarapan sehat harus diterapkan setiap hari agar tidak mengganggu aktivitas.

Berikut adalah lima pemilihan menu sarapan sehat yang aman bagi pencernaan dan tidak membuat asam lambung naik. Simak yuk ulasannya, dilansir Health, Kamis (23/2/2017).

Oatmeal

Semangkuk oatmeal dapat mengenyangkan perut Anda di pagi hari. Tambahkan kismis atau kacang-kacangan agar terasa lebih nikmat. Oatmeal juga sangat mudah dibuat dan tidak menyebabkan perut cepat lapar di sela beraktivitas.

Salad

Anda juga dapat membuat salad sayuran hijau ditambah wortel sebagai menu sarapan. Bahkan, salad mudah dipersiapkan di malam hari. Sayuran mengandung tinggi serat dan vitamin. Makanan ini tentunya aman dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Tambahkan pula irisan tomat dan bawang merah sebagai dressing.

Pisang

Satu buah pisang juga membantu mengenyangkan perut. Tapi variasikan dengan oatmeal atau salad yang sama-sama tidak menyebabkan kambuhnya asam lambung. Pisang dapat 'menghangatkan' perut dan mencegah perut mulas di pagi hari.

Seafood

Mungkin Anda memiliki stok seafood di kulkas seperti ikan fillet, cumi atau udang. Anda dapat membuat sup atau tumisan sup yang dicampur dengan sayuran hijau. Seafood mengandung tinggi asam omega-3 yang baik untuk meningkatkan kesehatan otak, serta mencegah asam lambung.

Kacang-kacangan

Di pagi hari, Anda juga dapat mengonsumsi bubur kacang hijau tanpa santan atau aneka jenis kacang-kacangan lainnya yang bisa direbus. Makanan tersebut juga dapat melancarkan pencernaan, serta mencegah asam lambung. Coba buktikan sendiri, tapi ingat hindari konsumsi minuman berkafein di pagi hari ya.

(slv)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini