nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jika Pertengkaran dengan Suami Tak Terkendali, Bawa Anak Keluar Rumah

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2017 13:10 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 23 196 1626113 jika-pertengkaran-dengan-suami-tak-terkendali-bawa-anak-keluar-rumah-ERSbd38uvQ.jpg Ilustrasi pertengkaram (Foto: Huffingtonpost)

TIDAK sedikit pertengkaran dalam rumah tangga yang berujung pada kekerasan. Jika telah memiliki anak, pastikan dia tidak melihat pertengkaran tersebut.

Sebab anak yang melihat tindak kekerasan dalam rumah tangga dapat mengalami trauma jangka panjang. Psikolog Anak Citra Annisa menuturkan bahwa yang paling penting adalah tidak membiarkan anak melihat tindak kekerasan yang terjadi pada orangtuanya.

"Pastikan anak tidak melihat. Jika situasi tidak memungkinkan, bawa anak keluar dari rumah. Jadi anak belajar bahwa itu bukan hal yang diperbolehkan," tutur Citra Annisa saat ditemui Okezone di Jakarta belum lama ini.

Sebagai orangtua, Anda harus memberi pemahaman kepada anak bahwa kekerasan bukan hal yang diperbolehkan baik secara agama maupun budaya. Jika anak terlanjur melihat, Anda harus benar-benar memberikan dia pemahaman yang benar.

"Kalau diam saja, berarti ibu mengajarkan memperbolehkan (kekerasan). Value itu yang dilihat dari anak, pemahaman," lanjut Citra.

Sementara anak menerka-nerka apa yang terjadi pada orangtuanya, kekerasan yang dilihat anak-anak juga akan memberikan dampak negatif bagi psikologisnya. Efeknya, menurut Citra, terjadi secara berbeda pada masing-masing anak.

"Bisa pada siapapun, efeknya beda. Tergantung kepribadian dab seberapa kuat mentalnya terhadap stres," tandas Citra Annisa.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini