nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Hanya Sedih Panjang, Anak Menyaksikan KDRT di Rumah, Hal Menakutkan Ini akan Terjadi

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2017 17:39 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 23 196 1626230 tidak-hanya-sedih-panjang-anak-menyaksikan-kdrt-di-rumah-hal-menakutkan-ini-akan-terjadi-KrOvCes2vr.jpg Pasangan bertengkar (Foto: Thelovedchild)

PERTENGKARAN dalam rumah tangga bisa berujung pada kekerasan jika Anda dan suami tak bisa mengendalikan emosi. Jika terjadi demikian, usahakan agar anak tak melihat pertengkaran tersebut.

Karena harus Anda tahu, anak-anak bisa mengalami trauma yang akan memengaruhi cara berpikirnya baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Berikut Okezone rangkum dampak pada anak yang melihat KDRT seperti dijelaskan oleh Psikolog Anak, Citra Annisa, berikut ini:

Sedih berkepanjangan

Setelah menyaksikan ayah memukuli ibunya, anak akan merasakan kesedihan yang berkepanjangan. Sedih yang dirasakan juga bercampur dengan rasa takut pada sosok ayah yang selama ini dianggap sebagai pelindung keluarga. Ketika sedih, ia akan lebih sering menghabiskan waktu sendiri di dalam ruangan.

Kehilangan minat beraktivitas

Anak juga akan kehilangan minat beraktivitas bersama teman-temannya. Ia lebih senang mengurung diri dan tidak berbicara kepada siapa-siapa. Ia tidak lagi menjadi anak yang penuh semangat seperti sedia kala.

Merasa tidak dicintai

Ketika melihat ayah memukuli ibunya, anak akan merasa dirinya tidak dicintai. Karena sosok ayah saja tidak menunjukkan mencintai istrinya dengan melakukan kekerasan yang sangat menyakitkan.

Menghindari bertemu teman karena malu

Mengurung diri di kamar juga dilakukan anak sebagai akibat dari rasa malu bertemu dengan teman-temannya. Ia malu jika teman-temannya mengetahui tindak kekerasan yang dilakukan sang ayah kepada ibunya.

Kehilangan kepercayaan pada orang sekitar

Ia juga akan mulai kehilangan kepercayaan pada orang di sekitar. Karena sosok terdekat dan yang paling dipercaya untuk melindungi keluarganya justru melakukan kekerasan yang tak pernah dibayangkan. Bahkan kehilangan kepercayaan ini bisa berlangsung dalam jangka panjang dan menyebabkan dirinya sulit mencari pendamping hidup.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini