nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Sampai Terjadi KDRT, Bertengkar dengan Suami di Depan Anak, Ikuti Aturan Ini

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2017 18:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 02 23 196 1626244 jangan-sampai-terjadi-kdrt-bertengkar-dengan-suami-di-depan-anak-ikuti-aturan-ini-Kro07NzhWE.jpg Pasustri bertengkar (Foto: Fighttherightway)

TERKADANG bertengkar bisa terjadi di mana saja dan tak bisa dikendalikan. Hal ini membuat pertengkaran mudah terlihat oleh anak.

Jika anak Anda masih kecil, ini bisa memengaruhi pemikirannya atau membuatnya mengalami trauma jangka panjang jika sampai berakhir pada kekerasan. Untuk itu, cobalah ikuti beberapa aturan berikut jika pertengkaran Anda disaksikan oleh anak. Simak ulasannya dilansir dari Parenting, Kamis (23/2/2017):

Keluarkan saja

Memendam permasalahan tidak lebih baik dari pertengkaran. Karena itu, keluarkan saja apa yang telah Anda pendam selama ini. Menurut Psikoterapis dan Konselor Keluarga di New York City, Dana Dorfman, ketegangan yang tak diungkapkan justru bisa membuat seseorang lebih stres dari pertengkaran yang sebenarnya.

“Anak-anak akan mengisi kekosongan yang tidak Anda bicarakan dan akan membiarkan imajinasinya menjadi liar,” ujar Dana.

Pertengkaran yang fair

Anak-anak akan mengambil pertengkaran yang mereka lihat sebagai pelajaran hidup. Oleh karena itu, cobalah untuk bertengkar dengan fair di depan anak-anak. Hindari kata-kata yang merendahkan, mengungkapkan rasa frustasi, dan melarang pasangan melakukan sesuatu. Karena ini akan menjadi contoh bagi anak ketika mereka dewasa.

Menindaklanjuti

Menindaklanjuti pertengkaran yang terjadi juga harus Anda lakukan agar anak tahu bagaimana cara menyelesaikan masalah. Ini akan menjadi pelajaran bahwa meski kadang Anda dan suami tidak sepakat, masih tetap bisa berhubungan dengan baik. Katakan pada mereka, “Mama dan papa terkadang bertengkar, tapi kami saling mencintai dan akan menyelesaikannya dengan baik”.

(vin)

Berita Terkait

Seputar KDRT

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini