nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bertengkar di Depan Anak, Selesaikan dengan Cara Ini Sebelum Terjadi KDRT

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2017 18:56 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 23 196 1626272 bertengkar-di-depan-anak-selesaikan-dengan-cara-ini-sebelum-terjadi-kdrt-dqAVglrwtN.jpg Anak menangis (Foto: Focusonthefamily)

HARUS menjadi catatan para orangtua bahwa anak-anak meniru apa yang mereka lihat, dengar, dan rasakan. Meski orangtua merasa telah memberikan cinta sepenuhnya pada anak, ada yang lupa mereka berikan.

Pelajaran kegagalan berdamai dengan suami setelah pertengkaran yang tidak diberikan kepada anak-anak. Ini justru akan meninggalkan konflik jangka panjang yang tak baik untuk perkembangan anak.

Mereka akan merasa takut, tidak aman, bahkan tidak percaya pada siapa pun. Untuk menghindarinya, Anda harus menyelesaikan perbedaan pendapat dengan suami melalui cara seperti dilansir dari Huffingtonpost, Kamis (23/2/2017):

Gunakan kontrol diri

Saat bertengkar, gunakan kontrol diri Anda dan keluarkan sebagian kemarahan saja. Jika Anda marah, Anda tak harus mengatakan semua yang dipikirkan dalam bahasa yang kasar. Ingat, anak-anak tidak ingin mendengar hal negatif tentang salah satu dari orangtuanya.

Hindari membawa nama anak dan kalimat menyalahkan

Anda perlu menghindari membawa nama anak dalam pertengkaran dan menyalahkan suami. Daripada menyalahkan, lebih baik Anda menyampaikan rasa keberatan dengan lebih baik dan sopan.

Selesaikan konflik dengan positif

Belajar tentang seni kompromi dan meminta maaf ketika Anda melakukan sesuatu yang salah. Jangan bawa kemarahan hingga berhari-hari, tapi selesaikan dengan lugas dan berbaikan kembali.

Jangan libatkan anak di tengah konflik

Jauhkan anak dari konflik. Jika Anda dan suami telah berpisah, berkomunikasilah dengan jelas. Tak perlu membuat anak sebagai perantara untuk menyampaikan sesuatu. Ini akan menunjukkan seberapa dewasa Anda dalam menghadapi masalah.

(vin)

Berita Terkait

Seputar KDRT

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini