3 Minuman Tradisional Populer yang Siap Hangatkan Badan

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2017 12:54 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 23 298 1626092 3-minuman-tradisional-populer-yang-siap-hangatkan-badan-ucQuknMGhk.jpg Minuman hangat jahe (Foto:Livestrong)

BEBERAPA hari lalu Jakarta dan sekitarnya terus diguyur hujan berkepanjangan. Tak ayal, fenomena alam ini membuat cuaca menjadi dingin karena suhu udara yang menurun. Solusi selain mengenakan pakaian hangat adalah dengan makan dan minum yang hangat-hangat.

Indonesia punya segala kekayaan kuliner yang bisa disantap sesuai cuaca, salah satunya minuman hangat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut Okezone rangkum minuman hangat tradisional yang bisa menghangatkan tubuh, Kamis (23/2/2017).

Bajigur

A post shared by STRAUMNES (@ardhie_13) on


Bajigur adalah minuman tradisional khas yang berasal dari Sunda, Jawa Barat. Bahan utama untuk membuat bajigur adalah gula aren dan santan. Kedua bahan ini dimasak hingga mendidih dan mengental. Beberapa bahan juga kerap ditambahkan untuk menambah rasa bajigur seperti jahe dan vanili. Bajigur paling enak diminum saat masih panas dan mengepul, teman minum bajigur adalah berbagai rebusan seperti ubi, singkong ataupun kacang rebus.

Susu Jahe

(Berrykitchen)

Wedang jahe adalah dasar minuman yang kerap jadi andalan untuk mengusir dingin. Air rebusan jahe ini juga dipercaya bisa mengusir masik angin dan perut kembung. Masyarakat Indonesia sudah menjadikan minuman ini sebagai salah satu yang favorit. Berbagai varian wedang jahe juga kerap dibuat salah satunya susu jahe. Susu kental manis putih diseduh dengan air jahe dan diseruput saat cuaca sedang dingin.

Wedang Ronde


Wedang ronde adalah satu varian kreasi dari hidangan berbahan air jahe atau wedang. Air jahe ini dijadikan kuah dari ronde atau bola-bola tepung ketan yang diberi isian kacang tanah cincang. Wedang ronde punya rasa yang manis dan menyegarkan. Pedagang wedang ronde akan mudah ditemui saat cuaca sedang dingin, tak jarang di beberapa tempat dataran tinggi seperti Bandung atau Puncak jadi tempat mangkal favorit penjual wedang ronde.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini