Ssst... Ini Kunci Kelezatan Soto Tangkar Khas Betawi

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 24 Februari 2017 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 23 298 1626387 ssst-ini-kunci-kelezatan-soto-tangkar-khas-betawi-ad6IkJoMa7.jpg Kunci kelezatan soto tangkar (Foto:Resepmasakanindonesia)

PENCINTA kuliner khususnya yang tinggal di Ibu Kota Jakarta, pasti sudah familiar dengan nama soto tangkar. Yup! Hidangan ini merupakan salah satu makanan khas Betawi yang cukup digemari oleh berbagai kalangan.

Nama tangkar sendiri adalah sebutan untuk iga sapi yang diadopsi dari bahasa Betawi pada zaman penjajahan Belanda. Dari segi rasa, soto tangkar memiliki cita rasa kuah kaldu yang sangat khas.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Bu Dika, pemilik kedai soto tangkar ternama di kawasan Stasiun Gondangdia. Menurutnya, ada beberapa teknik khusus agar kuah soto tangkar terasa gurih dan lezat.

Untuk bahan, ia menggunakan bumbu rempah-rempah yang terdiri dari serai, bawang merah, bawang putih, lengkuas, pala, kunyit, cabai merah, jahe, kemiri, ketumbar lada, dan cengkeh.

"Semua bumbu dihaluskan menggunakan blender. Kemudian ditumis hingga mengeluarkan minyak," tutur Bu Dika kepada Okezone, di Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Tahap selanjutnya adalah merebus daging dan iga sapi. Agar daging terasa empuk, rebus dengan api kecil selama kurang lebih 2 jam.

"Kalau iga sudah empuk segera angkat dan sisihkan. Air rebusan jangan dibuang! Anda tinggal memasukkan santan dan bumbu yang sudah dihaluskan, kemudian rebus hingga mendidih. Kuah soto pun siap disajikan," pungkas Bu Dika.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini