Agar Wedang Terasa Nikmat, Ternyata Jahenya Harus Dibeginikan Loh!!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2017 19:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 23 298 1626405 agar-wedang-terasa-nikmat-ternyata-jahenya-harus-dibeginikan-loh-PHO3PyiBiJ.jpg Jahe untuk membuat wedang yang nikmat (Foto:Splendidtable)

DARI sekian banyak bumbu rempah-rempah, jahe termasuk yang paling sering dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat. Apalagi di musim hujan seperti saat ini, jahe sering dimanfaatkan untuk membuat minuman hangat seperti bajigur dan wedang.

Kendati demikian, ternyata masih banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara terbaik untuk mengolah jahe, agar rasa dan aromanya lebih nendang dan nikmat.

Tidak perlu khawatir, Okezone berhasil merangkum sejumlah tips ampuh yang bisa Anda coba di rumah. Yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dari berbagai sumber, Kamis (23/2/2017).

Bakar jahe

Membakar jahe dimaksudkan agar aroma jahe lebih keluar dan rasanya tidak pahit. Pilihlah jahe yang dengan tekstur umbi yang sudah tua agar lebih kuat saat melewati proses pembakaran.

Bersihkan kulitnya

Setelah dibakar, kulit jahe akan terlihat hangus dan mengeluarkan warna hitam pekat. Anda bisa membersihkannya dengan cara mengelupas kulit secara teliti. Kemudian dinginkan jahe dengan cara mencelupkannya ke dalam air.

Cuci bersih

Meski telah direndam di dalam air, terkadang ada potongan-potongan kecil kulit hangus yang masih menempel. Oleh karena itu, Anda harus mencuci jahe menggunakan air mengalir hingga bersih.

Tumbuk jahe

Sebelum menyeduh jahe, tumbuklah terlebih dahulu hingga teksturnya terlihat penyet. Anda bisa menggunakan batu ulekkan atau menekannya dengan permukaan talenan. Jahe pun siap untuk diolah!

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini