Tips Memasak Kaldu Sup yang Lezat dan Tidak Amis

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 24 Februari 2017 05:40 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 23 298 1626462 tips-memasak-kaldu-sup-yang-lezat-dan-tidak-amis-ZKycn5ZH0Y.jpg Cara membuat kaldu yang lezat (Foto: Goop)

SUP merupakan salah satu makanan berkuah yang banyak digemari berbagai kalangan. Apalagi jika dinikmati selagi panas dengan uap yang masih mengepul di musim hujan seperti saat ini, hmm.. nikmatnya!

Kelezatan hidangan ini sebetulnya terletak pada kuah kaldunya yang gurih dan menggugah selera. Tidak perlu khawatir! Membuat kaldu sup ternyata tidak sesulit yang orang bayangkan. Yang perlu Anda lakukan hanya membersihkan dan merebus tulang dengan baik dan benar.

Okezone merangkum 4 tips membuat kaldu sup yang lezat, sebagaimana dikutip dari buku Soto & Sup Paling Digemari, karya Emy & Umar. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Bersihkan tulang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membersihkan tulang dari lemak dan kotoran yang menempel. Anda bisa mencuci tulang di bawah air mengalir sem

Rebus dengan benar

Mulailah merebus menggunakan air dingin, agar sari kaldu bisa keluar dengan baik. Selain itu, gunakanlah api kecil selama proses perebusan berlangsung. Hal ini dimaksudkan agar sari kaldu dapat keluar seutuhnya, serta mencegah agar air kaldu tidak keruh. Jangan lupa membuang buih dan kotoran yang mengapung selama proses perebusan berlangsung.

Tambahkan bumbu rempah-rempah

Banyak yang tidak mengetahui bahwa cara terbaik untuk menghilangkan aroma amis pada kuah kaldu yaitu dengan menambahkan bumbu rempah-rempah. Anda bisa menggunakan irisan bawang putih, bawang bomai, dan daun bawang, untuk menyamarkan bau amis yang menyengat.

Buang lemak sisa rebusan

Agar lebih mudah membuang lemak pada kaldu, masukkan kaldu dalam kulkas hingga setengah beku. Lalu, buang lemak yang mengapung di atasnya. Mudah bukan?

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini