nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Teh Talua hingga Bir Pletok, Kenali 4 Jenis Minuman Hangat Khas Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2017 20:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 02 23 298 1626526 teh-talua-hingga-bir-pletok-kenali-4-jenis-minuman-hangat-khas-indonesia-DqbvlQpSIL.jpg Bajigur minuman hangat khas Indonesia (Foto:Google)

MINUMAN hangat bisa menjadi pilihan tepat untuk membentengi tubuh dari cuaca dingin yang sedang melanda Ibu Kota. Jika bosan menyeruput teh dan kopi, Anda dapat mengolah sendiri beberapa jenis minuman hangat dari berbagai daerah di Indonesia.

Dilansir Okezone dari berbagai sumber, Kamis (23/2/2017), berikut rekomendasi minuman hangat yang cocok dikonsumsi di musim hujan seperti saat ini.

Teh Talua

 


Menurut sejarah, teh talua (teh telur) merupakan salah satu minuman para bangsawan di Sumatera Barat. Sesuai dengan namanya, minuman hangat ini diolah menggunakan secangkir teh yang diseduh bersama gula dan kuning telur. Sebagai pelengkap, teh talua biasanya disajikan dengan susu kental manis. Minuman ini dipercaya dapat meningkatkan stamina dan menyembuhkan flu.

Sarabba

 

A post shared by Bang Bowo (@bangbowo08) on


Makassar ternyata juga memiliki minuman hangat yang khas dan dipercaya dapat mengembalikan stamina. Minuman tersebut bernama Sarabba. Sarabba diolah menggunakan campuran jahe, kuning telur, gula aren, santan, dan merica bubuk. Semua bahan dicampurkan, lalu diseduh dengan air panas. Makanan ini biasanya disantap bersama pisang goreng, dan menjadi pilihan tepat di musim hujan seperti saat ini.

Bir pletok

 


Banyak yang mengira bahwa bir pletok termasuk minuman beralkohol seperti produk bir pada umumnya. Minuman khas Betawi ini ternyata terbuat dari berbagai bumbu rempah-rempah yang baik untuk kesehatan tubuh. Teknik pengolahan bir pletok pun terbilang mudah. Yang perlu Anda lakukan hanya menyeduh bahan-bahan dasar seperti jahe, daun pandan, serai, kapulaga, kayu manis, dan merica hitam. Untuk memunculkan warna merahnya yang khas, Anda bisa menggunakan kayu secang.

Bajigur

 


Bajigur adalah minuman tradisional khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat. Bahan utamanya adalah gula aren dan santan. Untuk menambah kenikmatannya, minuman ini kerap dicampurkan dengan sedikit jahe, garam, dan bubuk vanili. Selain itu, bajigur juga nikmat disantap bersama kacang rebus, ubi rebus, klepon, atau roti tawar.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini