nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nah, Ini Dia 4 Tips Mengatasi Gejala Pneumonia

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Jum'at 24 Februari 2017 07:07 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 02 23 481 1625991 nah-ini-dia-4-tips-mengatasi-gejala-pneumonia-OZipUNZklC.jpg Bawang putih pengobatan rumah pneumonia (Foto: Boldsky)

SETIAP orang yang memiliki daya imunitas rendah berpotensi mengidap pneumonia, terutama di musim hujan dan banjir ini. Gejala yang paling umum dari penyakit pneumonia, di antaranya sakit kepala, hilang nafsu makan, kelelahan, berkeringat, mual, nyeri otot, nyeri dada saat bernapas, serta batuk.

Bila Anda menemui gejala di atas, yuk ketahui tips rumahan mengatasi pneumonia, dilansir dari Homeremedies10, Jumat (24/2/2017).

Bawang putih

Bahan dapur ini memiliki sifat antimikroba yang mampu melawan bakteri, virus, dan jamur. Bawang putih juga membantu menurunkan sihi tubuh dan mengeluarkan dahak dari paru-paru.

Jus sayur

Jus wortel, jus bayam, maupun jus mentimun baik untuk kesehatan. Ketiganya mampu melawan infeksi pneumonia dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jus sayuran ini melarutkan lendir dan meningkatkan detoksidikasi tubuh, karena kandungan fosfor dan klorin.

Uap inhalasi

Untuk membantu melawan infeksi dan meredakan batuk, serta hidung tersumbat, cobalah hirup uap air hangat. Anda bisa merebus air dalam panci yang ditambahkan dengan beberapa minyak esnsial kayu putih, tea tree, atau lemon. Hiruplah uap hingga Anda merasakan kelegaan dalam sistem pernapasan.

Kunyit

Kandungan mukolitik mampu mengencerkan lendir yang terjebak. Sifat antibakteri dan antivirus mampu membantu memerangi infeksi. Anda bisa mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dalam segelas susu hangat dan minumlah setidaknya tiga kali sehari.

Minyak oregano

Tahukah Anda ternyata minyak oregano mampu memerangi kuman penyebab pneumonia. Oregano bersifat antibakteri, antivirus, dan antijamur yang membantu mengencerkan lebih dan melegakan pernapasan. Anda bisa menambahkan tiga tetes minyak oregano ke dalam segelas air dan meminumnya tiga kali sehari.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini