nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Waspadai 5 Penyakit Pasca Banjir yang Bisa Sebabkan Kematian

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2017 15:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 02 23 481 1626247 waspadai-5-penyakit-pasca-banjir-yang-bisa-sebabkan-kematian-kjtGyzI6Ph.jpg Ilustrasi (Foto: Nytimes)

BANJIR sudah mulai surut, tapi Anda harus tetap waspada dengan beberapa penyakit setelahnya. Segera bersihkan bekas genangan air dan kotoran dari dalam rumah Anda untuk mencegah penyakit.

Anda harus mewaspadainya dengan melakukan cara yang tepat. Berikut adalah beberapa jenis penyakit yang sering menjadi wabah pasca banjir, dilansir situs resmi CDC, Kamis (23/2/2017).

Diare

Makanan dan minuman yang Anda konsumsi rentan tercemar air banjir. Kita tahu air banjir sangat kotor dan penuh bakteri. Anda harus hati-hati sebelum mengonsumsinya, hindari membeli makanan di pinggir jalan agar terbebas dari diare. Jangan lupa sering-seringlah cuci tangan sebelum memulai makan.

Infeksi luka

Apabila kulit Anda mengalami sedikit luka dan terkena air banjir, hati-hati dengan risiko infeksi. Air banjir sangat kotor dan luka koreng yang terkontaminasi dengan air bisa membusuk karena infeksi. Gunakan plester anti air untuk menutupinya. Agar tidak infeksi, Anda juga sering mengelap dengan kain kering.

Cedera

Karena Anda membersihkan seluruh perabotan rumah pasca banjir, hati-hati cedera. Goresan luka di tangan dan kaki bisa menganggu aktivitas Anda, karena membuat tidak nyaman dan perih.

ISPA

Pasca banjir juga rentan terjadi infeksi saluran pernapasan. Penyakit ini paling banyak dialami oleh anak-anak. Orangtua sebisa mungkin menjaga lingkingan agar tetap bersih pasca banjir. Karena virsu ada di amna saja, termasuk menyebar lewat udara.

Penyakit akibat gigitan nyamuk

Nyamuk suka sekali berkembang biak di genangan air. Jika air mulai surut, nyamuk akan bertebaran di mana-mana. Pasca banjir Anda harus waspada wabah demam berdarah dengue yang bisa menyebabkan kematian.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini