Hindari Olahraga Ini untuk Penderita Asam Lambung

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Kamis 23 Februari 2017 15:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 23 481 1626329 hindari-olahraga-ini-bagi-untuk-penderita-asam-lambung-L1MYZqpdsZ.jpg Asam lambung (Foto: Los Angeles Times)

ORANG yang menderita penyakit asam lambung sering kali mengalami sakit perut. Bila gejala tidak ditangani, penyakit asam lambung bisa memburuk saat aktivitas berlangsung.

Aktivitas fisik yang kuat dapat membangkitkan asam lambung yang mulai naik ke kerongkongan. Satu studi menemukan, asam lambung tiga kali lebih mungkin, ketika mereka menjalankan aktivitas fisik, salah satunya berolahraga.

Olahraga dengan intensitas tinggi, seperti jogging dan sports dapat menghasilkan asam lambung yang lebih tinggi dibandingkan olahraga dengan intensitas lebih rendah. Disarankan, Anda yang menderita penyakit asam lambung mencoba olahraga, seperti yoga, bersepeda, dan berenang.

Selain itu, orang dengan indeks massa tubuh yang tinggi, rentan terkena gejala kenaikan asam lambung selama latihan. Mereka perlu memulai program latihan fisik untuk mengurangi berat badan mereka. Ada baiknya, olahraga dimulai dengan intensitas yang rendah, demi mengurangi gejala kenaikan asam lambung.

Hal yang perlu diketahui, gejala asam lambung dapat dipicu oleh makan besar. Ketika Anda berolahraga, adanya kenaikan asam lambung ke kerongkongan. Ditambah lagi, Anda makan makanan berat, yang bisa memperparah kenaikan asam lambung.

Sebelum latihan, cobalah pilih makanan ringan, seperti granola atau buah-buahan. Trik ini menghindari Anda dari kelaparan di tengah latihan, serta pemburukan gejala asam lambung.

Nah, setelah mengetahui tips di atas, semoga Anda bisa berolahraga dengan nyaman tanpa gangguan penyakit asam lambung ya, Guys. Demikian dilansir dari laman Healthcare, Kamis (23/2/2017).

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini