Mau Beri Tip kepada Pramusaji di Restoran? Lihat Dulu Aturannya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 28 Februari 2017 05:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 27 298 1629679 mau-beri-tip-kepada-pramusaji-di-restoran-lihat-dulu-aturannya-CcfOLE5DVb.jpg Tips memberikan tip ke pelayan restoran (Foto:Clipartfox)

BAGI sebagian orang, memberikan tip kepada pramusaji merupakan salah satu bentuk rasa terima kasih mereka atas pelayanan yang memuaskan. Tindakan ini biasanya dilakukan setelah sesi makan selesai atau ketika hendak membayar tagihan di meja kasir.

Kendati demikian, tidak semua negara menerapkan tradisi tersebut. Jika Anda tidak yakin melakukannya, yuk simak tip memberikan tip di sejumlah negara, sebagaimana dilansir dari Travel and Leisure, Selasa (28/2/2017).

Praha, Republik Ceko

Setelah Anda menikmati secangkir kopi hangat di Cafe Slavia atau menikmati sepotong sandwich lezat di Grand Cafe Orient, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memeriksa tagihan. Jika di struk tagihan tidak tercantum pajak pelayanan, Anda bisa memberikan 10 - 15 persen dari total biaya yang Anda keluarkan sebagai tip.

Tokyo, Jepang

Berbeda negara-negara barat, para staf restoran di Negeri Sakura Jepang justru menolak ketika diberikan tip. Jika Anda nekat memberikannya, hal tersebut dapat dianggap sebagai semua penghinaan.

Bangkok, Thailand

Jika Anda berlibur di Thailand, tidak perlu sungkan memberikan tip kepada para staf restoran jika pelayanan mereka betul-betul sangat memuaskan. Mereka akan sangat menghargai dan menerimanya dengan senang hati.

Dubai, Uni Emirat Arab

Sebelum membayar tagihan, ceklah struk tagihan Anda. Berdasarkan laporan Business Insider, hampir seluruh restoran, hotel, dan bar di Dubai telah mengenakan biaya tax service sebesar 10 persen.

China

Meski dikenal sebagai salah satu negara dengan suguhan kuliner terlezat di dunia, China ternyata tidak pernah menerapkan tradisi memberikan tip. Hal tersebut sangat dihindari karena akan menciptakan kesan "hutan budi" antara satu sama lain.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini