Cegah Kaki Lecet Karena Sepatu Boots Baru, Taburi Tepung Maizena

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Selasa 28 Februari 2017 19:49 WIB
https: img.okezone.com content 2017 02 28 194 1630620 cegah-kaki-lecet-karena-sepatu-boots-baru-taburi-tepung-maizena-T67lOK1liE.jpg Sepatu boot (foto: shutterstock)

SEPATU boots memang menjadi salah satu item fesyen yang bisa diandalkan dalam berpenampilan. Tak ayal jika banyak wanita hingga pria yang kerap menggunakan sepatu boots untuk gaya sehari-hari dan bekerja.

Namun, yang seringkali terjadi adalah sepatu boots yang baru saja dibeli membuat kaki menjadi lecet. Apakah Anda termasuk yang mengalaminya?

Nah, agar kaki tidak lecet saat menggunakan sepatu boots baru, berikut adalah langkah yang harus dilakukan, seperti dilansir Bustle, Selasa (28/2/2017).

Gunakan plester luka

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Setiap menggunakan sepatu jenis apa pun yang baru, sebaiknya mengamankan beberapa bagian kaki yang berpotensi timbulnya lecet dengan plester luka.

Pakai kaus kaki

Sepatu jenis apa pun, termasuk boots memang kerap kali membuat kaki menjadi lecet. Nah, untuk mencegahnya, pastikan untuk menggunakan kaus kaki. Sebelum bepergian, Anda bisa menggunakan kaus kaki dan sepatu lalu bawalah berjalan-jalan di sekitar rumah. Dengan begitu, boots akan lebih longgar sehingga meminimalisir terjadinya lecet pada kaki.

Taburi sepatu dengan tepung maizena

Lecet umumnya terjadi karena adanya gesekan antara kaki dan permukaan sepatu. Lecet akan semakin parah jika kaki dalam kondisi basah. Untuk menghindarinya, pastikan kulit kaki dalam kondisi lembap. Taburkan sedikit tepung maizena dalam boots dan kaus kaki. Ini berguna menjaga kaki dan sepatu dalam kondisi kering.

Hangatkan sepatu

Hangatkan sepatu boots dengan hair dryer untuk membuat material kulitnya benar-benar longgar sehingga menyediakan ruang bagi kaki Anda bernafas. Kemudian, pakai kaus kaki, lalu gunakan boot untuk berjalan-jalan sebentar di sekitar rumah.

(slv)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini