nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DUH! 4 Dampak Insomnia Ini Bisa Ganggu Keseharian Anda

Maria Amanda Inkiriwang, Jurnalis · Rabu 01 Maret 2017 20:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 01 481 1631453 duh-4-dampak-insomnia-ini-bisa-ganggu-keseharian-anda-G7jHWHoWbM.jpg Ilustrasi (Foto: Futurasciences)

BARU bisa terlelap dini hari atau menjelang pagi, jangan-jangan Anda mengalami insomnia? Kebiasaan tidur pagi ini secara tidak disadari bisa mengganggu aktivitas di keesokan harinya.

Bila Anda punya kecenderungan ini, ketahui dampak buruk insomnia, dilansir dari Telegraph, Rabu (1/3/2017).

Meningkatkan kecemasan

Insomnia bisa menyebabkan peningkatan hormon kortisol atau hormon stres. Hal ini menyebabkan peningkatan detak jantung dan membuat Anda lebih cemas dalam memulai hari.

Cenderung minum kopi

Karena ritme sirkadian tubuh yang tidak normal, energi Anda kian menerun. Bahkan, menenggak minuman berkafein menjadi salah satu solusi yang tidak sehat mengatasi masalah kesulitan tidur.

Marah tidak ada alasan

Otak, organ yang paling berpengaruh ketika Anda kurang tidur akibat insomnia. Karena lonjakan hormon kortisol Anda bisa saja marah dan frustasi tanpa ada alasan yang jelas. Tentu emosi Anda berpengaruh terhadap kinerja di kantor.

Risiko diabetes

Sebuah studi dari American Academy of Sleep Medicine menunjukkan, insomnia membuat tubuh menginginkan makanan cepat saji. Hal inilah yang menyebabkan insomnia berkaitan erat dengan obesitas dan diabetes.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini