Hati-Hati, Kulit Wajah Kusam termasuk Tanda Penuaan Dini

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 03 Maret 2017 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 02 194 1632485 hati-hati-kulit-wajah-kusam-termasuk-tanda-penuaan-dini-73FqiJ95YX.jpg Wajah kusam (Foto: Sheknows)

BANYAK wanita khawatir dan takut terhadap tanda-tanda penuaan, seperti flek hitam hingga kulit keriput. Nyatanya, penuaan kulit lebih dari sekadar flek hitam dan keriput.

Salah satu tanda penuaan dini yang luput dari perhatian sebagian besar wanita adalah kulit wajah kusam. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari paparan sinar matahari, polusi, hingga menumpuknya sel-sel kulit mati.

“Penuaan kulit terjadi secara bertahap, paling utama terlihat dari bagian kulit terluar,” ujar dokter spesialis kulit dan kelamin, Eddy Karta, yang ditemui di kawasan Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Dituturkan dr Eddy, pada dasarnya kulit normal mengelupas setiap 28 hari. Namun, pada kulit yang mulai mengalami penuaan, pengelupasan kulit justru terjadi lebih lambat. Inilah yang menyebabkan kulit menjadi kusam.

Kulit kusam sebagai salah satu tanda penuaan juga dibenarkan oleh seorang aesthetic medical doctor, Astrid Fabiola, Msi, bahwa tanda penuaan bukan hanya timbul kerutan atau keriput.

“Penuaan kulit itu enggak cuma kerutan, ada banyak parameternya. Bisa karena kelembapan kulit, kalau kulit kurang lembap jadi lebih mudah keriput. Kemudian, pencerahan dalam arti pigmentasi, kalau sudah menua kan jadi muncul noda-noda hitam. Nah, kesemuanya itu adalah tanda-tanda penuaan,” terang dr Astrid yang ditemui Okezone secara terpisah di kawasan Jakarta Pusat, belum lama ini.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini