nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Anak Sulung dan Bungsu Punya Kebiasaan Berbeda lho saat Shopping

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 03 Maret 2017 17:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 03 196 1633304 ternyata-anak-sulung-dan-bungsu-punya-kebiasaan-berbeda-lho-saat-shopping-6dep0m39JC.jpg Anak-anak belanja (foto: shutterstock)

BELANJA adalah sebuah kegiatan yang oleh sebagian orang dijadikan sebagai hobi. Mereka rela menghabiskan uang hanya untuk memuaskan hasratnya berbelanja.

Namun kebiasaan belanja setiap orang berbeda. Terutama pada anak pertama, kedua, dan ketiga. Hal yang paling berbeda terlihat dari anak sulung dan bungsu. Hal ini dijelaskan oleh Psikolog Klinis, Kasandra Putranto.

“Masing-masing punya genetik perilaku tersendiri. Punya anak membesarkan seperti apa. Ada yang apapun yang diinginkan si anak dikasih. Atau ‘Jangan. Kamu usaha dulu yang keras’. Anak pertama, kedua, dan ketiga enggak sama,” ujar Kasandra saat ditemui di Jakarta.

Perbedaan perilaku juga terjadi pada kebiasaan mereka berbelanja. Dalam berbelanja, keadaan juga turut menjadi penyebab perbedaan tersebut.

“Anak pertama masih susah enggak bisa beli karena keadaan ekonominya (orangtua) belum bagus. Anak kedua sudah mulai bisa sering berbelanja. Kalau anak ketiga sudah jor-joran dalam belanja. Posisi anak dalam keluarga sangat menentukan,” jelas Kasandra.

Selain itu, perilaku seseorang dalam berbelanja juga bisa dibentuk oleh orangtuanya. Ketika orangtua membiasakan anak berbelanja sejak kecil, anak cenderung ikut tidak bisa mengendalikan diri.

“Orang yang tidak bisa mengendalikan diri berbelanja juga bisa jadi datang dari keluarga yang enggak mengendalikan diri,” pungkas Kasandra.

(slv)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini