nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Salah Paham, Sebenarnya Ini Fungsi Kartu Kredit

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 03 Maret 2017 16:40 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 03 03 196 1633489 jangan-salah-paham-sebenarnya-ini-fungsi-kartu-kredit-JXkaCW6a5t.jpg Berbelanja dengan kartu kredit, sangat membantu (foto: shutterstock)

BANYAK orang beranggapan dengan adanya kartu kredit, mereka bebas berbelanja dengan pengeluaran yang hampir tak masuk akal jika dibandingkan dengan gajinya. Namun ini adalah anggapan yang salah.

“Diperlukan edukasi akan fungsi dari kartu kredit, di mana kalau digunakan secara benar dapat mempermudah pembayaran. Kartu kredit bukanlah uang tambahan yang dapat digunakan secara tidak bijak. Tetapi lebih kepada keuntungan untuk nasabah,” jelas Bung Aldilla, Head of Consumer Lending Permata Bank dalam acara Shopalogic.

Bung juga mengatakan, tujuan kartu kredit bukanlah membuat orang senang berbelanja. Tetapi agar mereka bisa berbelanja dengan cerdas dan menggunakan logika.

Hal senada juga dikatakan oleh Psikolog Klinis Kasandra Putranto. Menurutnya, banyak orang menyalahgunakan kartu kredit karena dibentuk oleh industri. Hal yang harus dilakukan adalah mengendalikan diri terhadap godaan besar ketika memegang kartu kredit.

“Perilaku kita dibentuk oleh industri. Tetapi kita punya kontrol terhadap diri kita sendiri. Apakah kita termasuk orang yang sangat mudah diiming-imingi. Apalagi di mal tulisan diskonnya gede, up to 70 persen,” ungkap Kasandra.

Untuk mengendalikannya, Anda harus mulai belanja dengan cerdas. Yakni mengubah mindset tentang belanja itu sendiri.

“Harus mengaktivasi perilaku baru. Ada sale bawaannya mau belanja, ubah perilaku baru jangan menggesek. Ketahui juga tanggalnya. Pada tanggal tertentu kalau bisa di-lock. Biasakan untuk tidak sedikit-sedikit menggesek,” pungkasnya.

(slv)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini