Makanan Cepat Saji Salah Satu Penyebab Orang Alami Nyeri Sendi

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 03 Maret 2017 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 03 03 481 1632978 makanan-cepat-saji-salah-satu-penyebab-orang-alami-nyeri-sendi-MIglAB68tb.jpg Ilustrasi (Foto: Medicaldaily)

MAKANAN cepat saji banyak mengandung risiko bahaya bagi kesehatan. Tak cuma menyebabkan serangan jantung, tetapi juga dapat melemahkan fungsi sendi.

Ahli Gizi Mirza Hapsari Sakti SGz,RD, MPH mengatakan, orang Indonesia tak bisa lepas dari fast food dan gorengan setiap hari. Gaya hidup seperti itu seharusnya diubah karena merugikan diri sendiri.

"Makanan yang dimasak dengan penambahan minyak panas menghasilkan trans fat. Ini dapat menambah inflamasi pada sendi," kata Mirza di sela acara Diskusi Kesehatan & Peluncuran Program Sayangi Sendi di Kantor Pusat IDI, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis 2 Maret 2017.

Setidaknya makanan tersebut pelan-pelan harus dihindari. Sayangnya, cukup sulit mengubah kebiasaan orang untuk melahap makanan siap saji.

Belum lagi saat membeli makanan tersebut telah difasilitasi sistem delivery order. Hal ini juga semakin memicu orang malas bergerak.

"Terkadang sesuatu yang menyebabkan sakit itu dari makanan sehari-hari. Tapi orang cukup susah dihindari," tambahnya.

Ketika terjadi peradangan di bagian sendi, Anda sangat rawan mengalami nyeri sendi. Beraktivitas pun tidak nyaman, khususnya bagi wanita.

Sementara itu, Spesialis Orthopedi dr Adib Khumaidi SpOT pada kesempatan sama menambahkan, bagian sendi yang rawan nyeri yakni lutut, tulang belakang, pinggul, serta leher. Semestinya Anda harus benar-benar menjaga kualitas sendi dengan aktif bergerak dan olahraga.

"Olahraga ringan sehari minimal 30 menit membantu melenturkan sendi. Hal ini harus dilakukan setiap orang untuk mencegah nyeri sendi," pangkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini